Portal Informasi & Berita Otomotif Terlengkap | Mobil Mewah

Yamaha Vixion VS Yamaha Xabre

Spesifikasi, Review dan Harga terbaru Yamaha Vixion dan Yamaha Xabre - Di kelas motor sport, pabrikan asal negeri sakura seperti Kawasaki dan Honda memang menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta motor motor sport, tentunya. Tidak hanya dua merek kenamaan diatas, Yamaha pun memiliki deretan motor sport yang spesifikasinya boleh diadu. Seperti Yamaha Vixion dan Yamaha Xabre, dua motor sport andalan Yamaha ini memiliki kelebihan masing-masing di tiap sektor yang berbeda. Penasaran seperti apa spesifikasinya? langsung saja cek di review Yamaha Vixion dan Yamaha Xabre dibawah ini.

Desain

Yamaha Vixion

17160700_1659329844082460_1095362578_n

Seperti biasa, pembahasan pertama kita awali dengan membedah sisi terluar dari Yamaha Vixion. Sebagai facelift dari varian sebelumnya, secara eksterior generasi terbaru vixion ini memang tidak begitu banyak perubahan berarti. Hadir di segmen low-end motor sport, Yamaha Vixion memiliki tampilan bak motor gede ber’cc besar. Tangki ala superbike masih menjadi andalan motor ini, facelift dari Yamaha Vixion kali ini benar-benar tampil sporty. Meski tetap mempertahankan bentuk tangki seperti versi sebelumnya, namun performa Yamaha Vixion ini semakin ‘fresh’ dan lincah.

Desain headlamp dan visor yang menghiasi sektor depan Yamaha Vixion membuat motor ini lebih sporty lagi, karena Yamaha membubuhkan aksen ‘topeng’ pada lampu depan motor ini. Tidak hanya itu, upgrade Yamaha Vixion versi facelift ini pun nampak pada aplikasi undercover yang membalut blok mesin pada bagian bawah. Pembaharuan spesifikasi Yamaha Vixion di sektor eksterior pun terlihat pada sektor buritan, yakni adanya spakbor baru dengan bentuk yang lebih kecil dari sebelumnya terlihat tengah bertengger diposisinya.

Yamaha Xabre

17160959_1660224430659668_618792228_n

Sama seperti saudaranya, Yamaha Xabre pun merupakan versi facelift dari Yamaha M-Slaz. Penggunaan platform Yamaha MT Series ini menjadi ciri khas kepiawaian Yamaha dalam merancang body motor pabrikannya. Untuk desain eksterior, four thumbs for Yamaha Xabre ! pasalnya, Yamaha Xabre berani menampilkan desain yang tidak biasa seperti desain naked bike pada umumnya. Aura street fighter sangat kental terasa begitu melihat headlamp  dengan desain mungil disertai dengan sudut yang tajam. Tidak hanya desainnya saja yang menarik, teknologi LED pun sudah disematkan pada lampu motor ini guna merefleksikan penerangan yang maksimal.

Kesan liar akan kita jumpai saat melihat bagian atas Yamaha Xabre ini, tepatnya pada area tangki yang dibuat menjulang tinggi ke atas. Ditambah lagi dengan desain shroud muskular yang didesain memanjang ke depan. Untuk model jok nya sendiri, Yamaha mengadopsi desain jok dari Yamaha R-15 yang dibuat terpisah dengan bentuk lancip pada bagian belakangnya. Sementara untuk sektor buritan, Yamaha Xabre 150 menghadirkan pillion handle atau bentuk yang terlihat ‘nungging’. Ditambah lagi bagian slebor yang didesain dengan model gantung yang terlihat apik berkolaborasi dengan lengan ayun jenis banana arm, sehingga semakin membuat tampang Yamaha Xabre semakin gahar. Meski knalpot underbelly tidak disematkan pada Yahama Xabre  dengan adanya desain muffler berbentuk besar, aura gagah tidak luntur dari motor ini. Untuk mengakali bentuk mesin yang terlihat mungil, Yamaha menutupinya dengan cover engine yang tersambung hingga ke bagian shroud, alhasil silinder kecil khas Yamaha Vixion pun bisa tertutupi.

Speedometer

Yamaha Vixion

Meski berada di kelas motor sport untuk pemula, Yamaha Vixion tetap mengedepankan teknologi canggih guna memudahkan anda saat berkendara, yakni dengan mengaplikasikan High Tech Speedometer yang terintegrasi dengan teknologi digital interaktif. Selain panel speedometernya yang futuristik, Yamaha Vixion juga dibekali analog tachometer yang berfungsi untuk mengontrol kondisi mesin saat melesat dalam kecepatan tinggi. Selain itu, masih di sektor kemudi, Yamaha Vixion juga disempurnakan dengan hadirnya indikator suhu, penunjuk posisi gigi persneling dan indikator lampu.

Yamaha Xabre

17141159_1659370904078354_2111696748_n

Untuk panel dashboar Yamaha Xabre, Yamaha mengusung konsep speedometer yang sporty dan minimalis dengan penggunaan panel full digital. Dari segi tampilannya, dashboar Yamaha Xabre ini dirancang dengan model persegi panjang tipis dan diselimuti bingkai elips tepat di tengah-tengah kepalanya. Tidak hanya tampilannya yang futuristik, fungsinya pun canggih dalam menunjukkan speedometer, odometer dan strip meter. Pada sisi sampingnya, terdapat indikator lampu utama dan sein. Hadir pula indikator penunjuk bahan bakar.

Dimensi

Yamaha Vixion

Secara dimensi, Yamaha Vixion ini memiliki ukuran 2.010 x 705 x 1.030 mm, dengan jarak sumbu roda hingga 1.300 mm. Sementara, untuk tinggi jok Yamaha Vixion ini setinggi 790 mm.

Yamaha Xabre

Berbeda dengan Yamaha Vixion, Yamaha Xabre ini memiliki dimensi yang sedikit lebih mungil dengan ukuran 795 x 1,955 x 1,065 mm dengan bobot mencapai 135 kg. Untuk ground clearance, Yamaha Xabre 150 memiliki jarak 164 mm dan seat height berukuran 805 mm.

Suspensi

Yamaha Vixion

Tidak hanya dimensi dan rangkanya yang kokoh, Yamaha Vixion ini pun diperkuat dengan kaki-kaki yang kokoh pula. Agar anda mendapatkan kenyamanan yang hakiki saat menunggangi Yamaha Vixion, suspensi teleskopik pada bagian depan dan teknologi monocross pada suspensi belakang sudah dikombinasikan pada Yamaha Vixion ini. Tidak hanya itu, bagian jok pun dibuat senyaman mungkin dengan desain bertingkat ekstra nyaman sehingga anda tidak akan mudah lelah saat berkendara jarak jauh. Masih di sektor kaki-kaki, velg 17 inchi yang dibalut ban depan berukuran 90/80-17M/C 46P dan juga ban belakang 120/70-17M/ C 58P akan menyuguhkan handling mantap saat berada di tikungan tajam dengan akselerasi kecepatan tinggi.

Yamaha Xabre

17160445_1660224427326335_360427611_n

Tidak ingin kalah dengan saudaranya, rangka dengan jenis deltabox teleskopik  pun sudah diaplikasikan pada Yamaha Xabre ini. Dengan menggunakan rangka berjenis ini, Yamaha Xabre akan lebih mudah dikendarai dan seimbang tentunya. Ditambah lagi dengan suspensi depan USD dan suspensi belakang berjenis monoshock yang akan nyaman meski berkendara berboncengan. Sementara, untuk sektor pengereman Yamaha Xabre ini masih dalam kategori standar karena menggunakan rem jenis single disc. Aroma racing akan anda dapati pada bagian lengan ayun Yamaha Xabre yang menggunakan swing arm jenis alumunium banana style. Sedangkan untuk velgnya, Yamaha Xabre menggunakan velg ukuran 17 M / C-MT 3.50 untuk depan dan 17 M / C-MT 2.75 untuk belakang yang dibalut dengan ban berukuran 110/70-17 M dan 130/70-17 M.

Mesin

Yamaha Vixion

17160474_1659329864082458_1617710217_n

Berikunya, kita akan membahas spesifikasi Yamaha Vixion untuk sektor dapur pacu. Mesin yang disematkan Yamaha pada Vixion masih sama dengan jenis mesin pada New Vixion Lightning versi sebelumnya. Sektor dapur pacu Yamaha Vixion masih mengandalkan mesin SOHC 4 valve Fuel Injection berkapasitas 149,8 cc. Mesin yang dilengkapi dengan pendingin cairan tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 16.59 PS pada putaran mesin 8.500 rpm. Selain tenaganya yang oke, mesin Yamaha Vixion ini juga sangat kencang karena memiliki torsi maksimum hingga 14.5 Nm pada putaran mesin 7.500 rpm. Dari sisi luar, mesin New Vixion ini juga didesain lebih elegan karena menggunakan crank case atau box mesin dengan warna emas. Sama dengan NVL versi sebelumnya, spesifikasi Yamaha Vixion pada sektor mesin juga sudah memiliki sertifikat Euro 3 yang berarti Vixion ini merupakan kendaraan ramah lingkungan karena emisi gas buangnya telah sesuai standar internasional.

Yamaha Xabre

Seperti yang sudah kita ketahui, untuk sektor penghasil performanya, Xabre 150 ditanami mesin turunan dari Yamaha YZF R-15. Dengan kata lain, untuk spesifikasi jeroannya, Xabre 150 mengusung mesin empat langkah dengan kubikasi 149 cc, satu silinder SOHC 4 katup. Sedangkan pendingin mesinnya, Xabre 150 ini andalkan sistem pendinginan liquid cooled atau berpendingin cairan. Mesin bawaan pada Yamaha Xabre 150 ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 12,0 kW pada putaran mesin 8500 rpm, dan torsi puncak hingga 14,3 Nm pada putaran mesin 7500 rpm. Sementara untuk model transmisinya, Yamaha Xabre 150 manganut model transmisi 6 percepatan bukan 5 percepatan seperti Yamaha Vixion meskipun untuk basis mesinnya sama. Sedangkan suplai bahan bakarnya, Xabre 150 menggunakan suplai bahan bakar berjenis Fuel Injection yang pastinya membuat motor ini lebih efisien dalam hal pembakaran dan ramah lingkungan tentunya

Fitur

Yamaha Vixion

17160555_1659329867415791_1182199570_n

Untuk fitur keamanan, Yamaha mengaplikasikan teknologi double key shuttler pada Yamaha Vixion ini. Dengan fitur tersebut akan memungkinkan pemilik Vixion bisa lebih tenang saat meninggalkan kendaraannya di tempat-tempat umum. Selain fitur keamanan berteknologi tinggi, Yamaha Vixion juga dibekali dengan velg racing R15 Concept yang menjanjikan akselerasi mantap dan putaran ban yang sempurna. Untuk fitur pengeremannya, spesifikasi Yamaha Vixion ini disempurnakan dengan teknologi single disc brake dengan cakram hidrolik pada rem belakang yang akan memberikan ekstra keamanan saat motor ini direm secara mendadak sekalipun.

Yamaha Xabre

Tidak sebanyak fitur pada Yamaha Vixion, Yamaha Xabre ini hanya menyediakan fitur standar saja karena memang dihadirkan untuk para biker pemula. Fitur standar seperti LED Lamp, banana swing arm, atau speedometer full digital. Yamaha Xabre ini sangat cocok untuk touring, karena tangki bahan bakar berkapasitas besar yang bisa diisi sampai 11 liter. Fitur bawaan Yamaha MT-Series seperti MT-Switch ikut disematkan pada Yamaha Xabre. Dengan fitur ini, anda tidak perlu menggunakan kunci untuk menyalakan motor ini.

Tabel Perbandingan

Tabel Perbandingan Spesifikasi Yamaha Vixion vs Yamaha Xabre

Kategori

Yamaha Vixion

Yamaha Xabre

Mesin

-Type : 4-stroke, 4 valve SOHC Fuel Injection, liquid cooled

- Kapasitas : 149,8 cc

-Rasio : 10.4 : 1

- Diameter x Langkah : 57.0 mm x 58.7 mm

- Sistem Suplai Bahan Bakar : Fuel Injection

- Sistem Kopling : Basah, kopling manual, multiplat

- Daya Maksimum : 12.2 kW (16,59 PS)/8.500 rpm

- Torsi Maksimum : 14.5 Nm (1.48 kgf-m)/7.500 rpm

- Sistem Starter : Elektrik & Kick starter

-Tipe Transmisi : Return 5-speed (1-N-2-3-4-5)

-Type : 4-Valve, SOHC, Liquid Cooled

- Kapasitas : 149cc

-Rasio : 10,4:1

- Diameter x Langkah : 57.0 x 58.7 mm

- Sistem Pengabutan Bahan Bakar : Fuel Injection

- Sistem Kopling : Basah, kopling manual, multiplat

- Daya Maksimum : 12,0 kW/8500 rpm

- Torsi Maksimum : 14,3 Nm/7500 rpm

- Sistem Starter : Pedal & Elektrik dengan Switch Engine Stop

Dimensi

-P x L x T : 1.925 x 705 x 1.030 mm

-Tinggi Jok : 790 mm

-Jarak terendah ke tanah : 165 mm

-Berat isi : 129 kg

-Kapasitas Tanki : 12 L

-Jarak Sumbu Roda : 1.300 mm

-P x L x T : 1.959 x 795 x 1.065  mm

-Tinggi Jok : 805 mm

-Jarak terendah ke tanah : 164 mm

-Berat isi : 135 Kg

-Kapasitas Tanki : 10,2 Liter

- Jarak sumbu roda: 1,350 mm

Kelistrikan

-Baterai : YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)

-Tipe Busi : CR8E (NGK) / U24ESR (DENSO)

-Sistem Pengapian : TCI / Transistorized Control Engine (Digital)

-Baterai : GTZ4V/YTZ4V

-Tipe Busi : NGK/CR9E

Fitur

 

-

-Lampu : Full LED (Light Emiting Diode)

-Speedometer : Full Digital

Sasis

-Tipe Rangka : Diamond, Pressed backbone (Deltabox)

-Suspensi Depan : Teleskopik

-Suspensi Belakang : Lengan ayun, link suspensi monocross

-Ukuran Ban Depan : 90/80-17M/C 46P

-Ukuran Ban Belakang : 120/70-17M/ C 58P

-Rem Depan : Cakram hidrolik, single disc brake

-Rem Belakang : Cakram hidrolik, single disc brake

-Tipe Rangka : Diamond

-Suspensi Depan : Teleskopik

-Suspensi Belakang : Swingarm

-Ukuran Ban Depan : 110/70-17 (54S) Tubeless

-Ukuran Ban Belakang : 130/70-17 (62S) Tubeless

-Rem Depan : Single disk brake

-Rem Belakang : Single disk brake

Harga

-Standar : Rp 24.250.000

-Moto GP : Rp 24.650.000

Rp 28.900.000,-

 

Video Review

Vixion

Xabre

new post

Harga, Spesifikasi, Review & Gambar Nissan Serena 2017

Mitsubishi XR-PHEV II, Generasi Outlander Mendatang?

MODIFIKASI FAVORIT MOTOR GAYA "STREET FIGHTER"

HONDA ODYSSEY “MINNIE VAN” SI TOKOH KARTUN DISNEYLAND

Toyota Tawarkan C-HR dan GT86 Berkelir "Doff"

Harga, Spesifikasi, Review & Gambar Toyota Yaris Heykers