Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

  • Komparasi Viar Q1 vs Motor Listrik Gesits Indonesia Review 2017

Komparasi Viar Q1 vs Motor Listrik Gesits Indonesia Review 2017

KMPRSSS

Komparasi Viar Q1 vs Motor Listrik Gesits Indonesia Review 2017- Memasuki era baru, di mana zaman semakin berkembang sehingga menuntut dunia otomotif untuk terus mengembangkan inovasinya. Untuk produksi kendaraan bermotor, para produsen motor saat ini berlomba-lomba menciptakan motor yang ramah lingkungan tak berpolusi atau motor listrik, seperti pada hal Viar yang merupakan salah satu produsen motor terbesar di Indonesia yang menghasilkan  motor listrik Viar Q1.

Meski sering dipandang sebelah mata dan sering dibandingkan dengan motor buatan Jepang, namun kualitas dari Viar Q1 tidak perlu diragukan lagi. Viar bekerja sama dengan Bosch dalam memproduksi mesin listrik yang  disematkan pada mesin Viar Q1. Mesin tersebut ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik.  Viar Q1 diklaim sebagai motor masa depan sebab menjadi solusi dalam mendukung  pelestarian lingkungan.  

Sementara itu, di dalam negeri kita patut bangga karena saat ini anak bangsa menciptakan motor listrik yang diberi nama “Gesits”. Motor listrik Gesits merupakan karya para mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Gesits merupakan singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Motor listrik ini diperkenalkan pada 2016 dengan membawa struktur teknologi yang modern.

Terlebih lagi Gesits menawarkan desain yang cukup menarik untuk miliki. Informasi yang bersumber dari situs resmi motor listrik Gesits ini kabarnya akan diproduksi pada 2018 mendatang.Nah, Lalu bagaimana mengetahui secara detail spesifikasi dari motor listrik Viar Q1 dan motor listrik Gesits sendiri? Maka dari itu, berikut ulasan lebih lanjut dari kedua motor listrik ini.

Desain

v9

Pertama-tama, kita akan mengulas desain dari kedua motor listrik ini, Untuk Desain dari motor Viar Q1 memiliki bodi yang terkesan futuristik dan juga stylish. Viar Q1 sendiri memiliki berat yang sangat ringan sekitar 78,5 kg. Dimensi Viar Q1 ini memiliki panjang 1.680 mm, lebar 690 mm dan tinggi 1.220 mm, di mana dirancang agar si pengendara maupun penumpang merasa nyaman saat berkendara.

v6

Di bagian depan Viar Q1 terlihat headlamp LED yang menyatu dengan lampu sein. Unik memang untuk desain lampu utamanya karena menyatu dengan desain lampu belakang yang berbentuk horizontal. Selain itu, adanya fitur speedometer digital pada motor Viar Q1 yang berfungsi sebagai media informasi seputar sisa baterai, kecepatan, dan jarak tempuh.

v5

Sedangkan, desain dari motor listrik Gesits memiliki desain yang tidak  berbeda jauh dari motor pada umumnya. Motor listrik ciptaan anak bangsa ini terkesan cukup sporty dan bergaya anak muda, ini dapat terlihat dari bagian depan yang dipasang headlamp. lampu utama dirancang dengan bentuk menyipit. Lampu  pada motor Gesits  sudah mengandalkan teknologi DRL (Day Running Light) di mana juga berfungsi sebagai  lampu sein.

v11

Beralih ke bagian belakang, motor Gesits juga menggunakan teknologi lampu DRL.Dimensi motor Gesits sendiri memiliki panjang 1910 mm, lebar 695 mm, dan tinggi 1.110 mm. Serta, untuk bobotnya tidak terlalu berat sekitar 120 kg sehingga akan mudah untuk digunakan si pengendara. Selain itu, terdapat penyimpanan baterai sebagai sumber daya yang tepat berada dibawah jok.

Baca juga Benelli Seta 125 Indonesia Review 2017

Fitur Keamanan

GSSTTTT 

Kedua motor listrik ini sama-sama dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan yang menarik. Walaupun Viar Q1 belum dilengkapi dengan fitur pengereman ABS, namun akan tetap terjaga kemanannya karena adanya pemakaian rem cakram pada motor ini. Menariknya, Viar Q1 dapat diatur menggunakan smartphone sehingga akan terkesan modern dibanding motor matic. Selain itu, ada fitur lainnya, seperti fitur USB Charge yang berfungsi sebagai  media pengisian ulang smartphone ataupun perangkat lainnya.

v3(1)

Sementara itu, motor karya anak bangsa Gesits memiliki fitur seperti panel indikator Smartphone yang telah berbasis android yang berfungsi dalam memberikan informasi mengenai kondisi motor. Tak hanya itu, motor listrik Gesits juga memiliki sistem teknologi penggerak yang berteknologi regenerative brake dimana motor secara otomatis dapat melakukan pengisian baterai dalam kondisi deselerasi.

Mesin

v(1)

Mengeni mesin, untuk motor listrik Viar Q1 memakai mesin listrik Bosch yang  mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 800 watts dan dapat melaju hingga 60 km/jam. Baterai yang digunakan yakni baterai lithium maintenance free (60V20AH) dimana baterai ini akan membutuhkan waktu pengisian sekitar 5 sampai 7 jam untuk mengisi full baterai yang nantinya dapat menempuh jarak sejauh 70 km. Viar Q1 juga menyediakan charger dengan input 220 Volts dan daya 50 Hz. Motor listrik cenderung awet karena penyematan baterainya yang baik.

sedangkan, untuk rangkanya Viar Q1 memakai tipe Steel yang kokoh. Lalu, untuk suspensi bagian depan memakai suspensi Telescopic dan suspensi belakang Double Swing Shock Absorber yang membuat motor listrik ini nyaman dikendarai, serta dilengkapi dengan rem cakram hydrolic pada kedua rodanya. Sayangnya, Viar Q1 belum dilengkapi fitur keamaan pengereman ABS, namun jangan khawatir pemakaian rem cakram membuat sistem keaman terjaga baik.

GGGG

Beralih ke jenis motor listrik lainnya yakni motor listrik Gesits yang  memakai mesin berkekuatan 5 KW yang terdapat di atas rangka bawaannya dan dapat menyupalai tegangan sebesar 96 Volt DC. Sebagai motor pendatang baru buatan anak bangsa, kendaraan ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 110 Km/jam pada putaran 3.000 rpm. Serta, torsi yang dihasilkan sekitar 15 Nm. Baterai yang digunakan yakni Li-Ion berkapasitas 5.000 WH dengan membutuhkan waktu pengisian ulang selama 3-4 jam dan mampu menempuh jarak hingga 85-100 km. .

Sedangkan, untuk rangkanya motor listrik Gesits menggunakan material tulbular yang kokoh. Motor listrik Gesits dibekali dengan tipe Telescopic Shock untuk suspensi bagian depan motor dan pada bagian belakang menggunakan suspensi Swing Arm with Mono Shock. Berikut ini merupakan tabel dari spesifikasi motor Viar Q1 dan Motor Listrik Gesits.

Motor Listrik Viar Q1

Motor Listrik Gesits

Panjang

1680 mm

1.910 mm

Lebar

690 mm

695 mm

Tinggi

1220 mm

1.110 mm

Jarak sumbu roda

1060 mm

1.256 mm

Berat

78,5 Kg

120 kg

Tipe rangka

Steel

Tulang punggung

Suspensi depan

Teleskopik

Teleskopik

Suspensi belakang

Double Swing Shock Absorber

Swing Arm, Mono-Shock

Ban depan

90/90-10 (Tubeless)

80/90-14

Ban belakang

90/90-10 (Tubeless)

90/90-14

Rem depan

Hydrolic Disk Brake

Hidrolic Piston Tunggal

Rem belakang

Hydrolic Disk Brake

    Tromol

Jenis

Baterai Lithium-ion battrey (60v20AH)

Motor 10kW 96VDC brushless permanent magnet berpendinginan udara,

Baterai : Li-ion 1,98 kWh, 97.2 VDC

Kapasitas maksimum

2 Kwh

5 Kwh

Tenaga maksimal

800 Watts

8,2 Kw

Top Speed

60 Km/Jam

110 km/jam

Harga

Berikut merupakan harga dari Motor Listrik Gesits dan Viar Q1.

Harga  Viar Q1

Harga Motor Listrik Gesits

Tipe

Harga

Tipe

Harga

Viar Q1 Baru

Rp 14.7 jutaan

Motor Listrik Gesits Baru

Rp 15 – 20 Jutaan

Viar Q1 Bekas

-

Motor Listrik Gesits Bekas

-

Untuk harga Motor listrik Gesits dan Viar Q1 cukup terjangkau dengan dibanderol harga dibawah 20 jutaan. Untuk motor gesits sendiri nantinya akan diproduksi awal 2018 mendatang. Jadi bagi Anda yang berminat untuk memilikinya harus bersabar lebih dahulu. Sedangkan, untuk Viar Q1 telah dipasarkan tahun 2017.

Jadi kedua motor ini sangat ramah lingkungan karena tidak memerlukan bahan bakar atau disebut juga motor listrik. Serta, Motor listrik Gesits maupun Viar Q1  selain  motor yang bebas polusi juga menyediakan fitur yang canggih dan performa mesin yang handal. Demikian ulasan mengenai Motor listrik Gesits dan Viar Q1 dilihat dari segi desain, fitur, mesin, dan harga. Namun, pasti Anda tertarik untuk memiliki salah satu di antara kedua motor tersebut, bukan?

Artikel Terkait: Wuling Confero S Indonesia Review 2017

Suzuki Vitara Brezza Indonesia Review 2017

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil