Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

  • Toyota Mirai, Mobil Hidrogen dengan Mesin Hybrid untuk Level yang Lebih Tinggi!

Toyota Mirai, Mobil Hidrogen dengan Mesin Hybrid untuk Level yang Lebih Tinggi!

toyota-mirai-fuel-cell-vehicle

dailygreen.de

Mungkin untuk beberapa tahun ke depan, mobil hybrid yang menggunakan Hidrogen fuel cell sebagai sumber penggeraknya hanyalah mimpi bagi pecinta otomotif di Indonesia. Contohnya mobil Toyota Murai. Mobil ini sudah diperkenalkan ke pasaran oleh jepang dari tahun 2014, dan mulai dijual secara komersil di Jepang pada April 2015, untuk pasar Amerika dan Eropa pada pertengahan tahun 2015.

Di Indonesia mobil hidrogen ini akan banyak mengalami sandungan untuk dapat bersaing dengan mobil-mobil konvensional atau hybrid elektrik bertenaga baterai. Penyebabnya adalah, Indonesia tidak mengenal mobil ramah lingkungan. Padahal mobil-mobil hybrid dan FCV (Fuel Cell Vehicle) hidrogen ini adalah perintis mobil era teknologi baru dengan bahan bakar yang dapat diperbaharui serta ramah lingkungan, karena tidak mengandung emisi gas buang CO2 serta SOC (Substance Of Concern).

Kendala utama mobil-mobil ini sulit masuk dan dipasarkan di Indonesia adalah:

  • Indonesia belum merumuskan jenis mobil ini ke dalam undang-undang, sehingga mobil hybrid yang menggunakan mesin akan termasuk ke dalam mobil mewah dan dikenakan pajak pertambahan nilai serta pajak mobil mewah.
  • Pemerintah belum ada mencanangkan untuk berinvestasi dalam pengadaan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen atau pengisian listrik untuk mobil hybrid. Jadi akan sulit bagi pemilik kenderaan hybrid melakukan pengisian energi atau hidrogen saat diluar rumah.
  • Jika pemerintah tidak memberikan subsidi terhadap mobil-mobil hybrid yang ramah lingkungan, dipastikan harganya juga akan sulit terjangkau oleh konsumen di Indonesia. Mengingat selain mobil ini cukup mahal (karena investasi awal yang besar)di negara asalnya, pastinya mobil-mobil ini juga di import secara CBU.toyota-fcv-fuel-cell-vehicle-3

inhabitat.com

Tapi tidak ada salahnya kita akan mencoba mengupas mobil FCV buatan Toyota ini, sekedar untuk menambah ilmu kita. Mana tahu nanti ada diantara pembaca yang memiliki kemampuan sebagai decision maker dan bisa membuat mobil seperti Mirai ini masuk ke Indonesia degan harga kompetitif.

Kapasitas tangki Toyota Mirai ini 70 Mpa atau sekitar 700 bar. Dalam keadaan tangki penuh, Toyota Mirai dapat menempuh jarak hingga 502km. Berarti konsumsi bahan bakar mobilnya ini sekitar 0.74km/bar.

Sedangkan dapur pacunya menggunakan mesin Toyota Fuel Cell System dengan 4 Phase FC boost converter 650V dan power control unit serta AC Synchronous  Electric Motor. Sedangkan Fuel Cell Stacknya terbuat dari Polymer Electrolyte FC 3.1 kW/L yang dapat menghasil 153 HP. Torsi maksimum mobil ini 335 Nm, dengan akselerasi untuk 0-100km dapat diraih dalam 8 detik.

Sebenarnya, mesin mobil Toyota Mirai ini nyaris tidak bersuara, karena tidak ada pembakaran yang terjadi selama proses mesin bekerja. Semuanya hanya digerakkan secera eletrik dan senyap. Namun untuk keselamatan dijalan, agar orang atau hewan mengetahui bahwa ada mobil yang lewat, dibuatkanlah suara selayaknya mobil konvensional. Emisi gas buangnya juga 0, karena Mirai hanya membuang air hasil proses penyatuan hidrogen dengan udara untuk menghasilkan listrik.

Toyota mengembangkan mesin FCV hidrogen ini sudah dari 20 tahun yang lalu. Toyota yakin, hidrogen adalah bahan bakar yang paling prospek untuk kenderaan masa depan. Karena Hidrogen bisa didapatkan dengan banyak cara dan sumber.

toyota-mirai-fuel-cell-vehicle-interior-3 toyota-mirai-fuel-cell-vehicle-15 toyota-mirai-fuel-cell-vehicle-2

 

inhabitat.com

Kita bisa mendapatkan hidrogen dengan bantuan panas bumi, tenaga surya, turbin angin, dan bahkan kotoran manusia. Memang tidak langsung didapatkan pada alam, tapi harus melalui beberapa proses. Namun banyaknya cara dan teknis untuk mendapatkan hidrogen inilah yang membuat para insinyur Toyota yakin, hidrogen adalah bahan bakar masa depan.

Untuk saat ini di Amerika mobil ini dibandrol dengan harga $60.300 dan di Jepang  JPY 7.000.000 (subsidi 2.000.000). Jika didatangkan ke Indonesia, kemungkinan harga mobil ini bisa mencapai lebih dari 1M, anda masih minat?  

Sumber:

http://inhabitat.com/toyota-unveils-mirai-hydrogen-fuel-cell-car-with-300-mile-range-can-it-kick-start-a-hydrogen-society/

http://otomotifnet.com/Mobil/News-Apm/Ini-Spesifikasi-Lengkap-Toyota-Mirai-Fcv

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil