Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Tips Membedakan Pelek Asli atau Palsu

Langkah langkah untuk mengetahui pelek mobil asli atau replika.

blackxperience.com

Pelek mobil yang berfungsi sebagai penyangga ban ini, sekarang banyak model dan variasi yang dimanfaatkan para pemilik kendaraan untuk membuat penampilan kendaraanya lebih modif.

Demi membuat kendaraan anda berpenampilan lebiih gagah, maka anda pastinya akan mengganti pelek. Saat ini sudah banyak pedagang pelek yang menyediakan berbagai macam jenis pelek, dari pelek asli impor (original equipment manufacture (OEM) yang berkualitas baik, sampai pelek replika pun ada. Maka jika berkeinginan mengganti pelek baru, anda harus teliti dalam memilihnya.

Dilansir dari Viva.co. id , Pelek asli biasanya mempunyai harga yang cukup tinggi, bisa 4x lebih mahal dari harga pelek replika. Seperti yang diungkapkan Yohanes Hanifa Penggawa Jaya Ban Autofashion Kemayoran"Ketahui pelek replika paling mendasar itu di harga, kalau asli yang pasti lebih mahal empat kali lipat dari replika. Misalnya kalau pelek replika ring 17 harganya Rp5 jutaan, kalau asli harganya sekira Rp20 juta-Rp25 juta”. Namun harga tidak bisa menjadi patokan pasti, karena ada saja pedagang yang membandrol harga pelek replika tinggi.

Pelek asli bisa kita lihat dari bobot, pelek asli biasanya mempunyai bobot lebih ringan, Yohanes menambahkan "Pelek replika yang ring 17 beratnya sekira 10-11 kilogram, kalau pelek asli sekira enam kilogram saja, itu salah satu indikatornya. Tapi enggak semua pelek asli itu enteng, pelek asli ring 20 itu beratnya sama dengan yang palsu,".

 

gstatic.com

Yang paling membedakan dari pelek asli dan replika yaitu terletak pada kualitas, baik dari segi pembuatan maupun hasil. Seperti yang diungkap Yohanes "Yang paling dibedakan itu dari proses finishing-nya, kalau pelek asli proses finishing rapi, sementara replika berantakan, ada yang bolong di permukaan dalam pelek. Catnya pun beda,".

Manager Permaisuri Wibowo Santosa mengatakan "Pelek replika mengambil model secara jiplak, nah darimana kekuatan atau strukturnya, ya pokoknya asal mirip saja. Kalau bahan sama saja alloy juga,". Dia juga menambahkan perusahaan yang memproduksi pelek replika tidak memperhatikan detailnya, "Kami pernah melihat pabriknya dan ternyata di sana menciptakan kualitas yang sama dengan orisinal, cuma kualitas diturunkan untuk menekan harga,"

Sumber :viva.co.id

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil