Portal Informasi & Berita Otomotif Terlengkap | Mobil Mewah

  • Suzuki Ertiga Dreza VS Toyota Avanza Veloz

Suzuki Ertiga Dreza VS Toyota Avanza Veloz

Di Indonesia masyarakat banyak yang menggunakan mobil low MPV yang bisa dibilang ramah di kantong. Sebut saja, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Kedua brand mobil ini harganya tidak begitu mahal, tetapi speknya cukup bagus untuk dipakai sehari-hari atau dibawa perjalanan keluar kota dengan keluarga.

Tahun 2016 kemarin kedua brand mobil tersebut meluncurkan model terbarunya, yaitu Suzuki Ertiga Dreza dan Toyota Avanza Veloz. Keduanya cenderung sama, hanya saja Suzuki Ertiga Dreza dan Toyota Avanza Veloz tampil lebih mewah dibanding model sebelumnya. Namun pastinya tetap ada perbedaan diantara keduanya dan kita akan membahasnya secara lengkap dan detil disini mulai dari upgrade terbaru, interior, eksterior, mesin, harga, dan komparasi spek antara keduanya.

Pertama, kita akan membahas upgrade terbaru dari kedua mobil Suzuki Ertiga Dreza dan Toyota Avanza Veloz. Suzuki Ertiga Dreza muncul tahun 2016 dengan desain yang lebih wow dari Suzuki Ertiga biasanya. Dreza hadir dengan front grille V-Shape yang terbilang mewah dan lebih stylish untuk ukuran low MPV.

Begitu pula dengan Toyota Avanza Veloz. Sebenarnya Veloz diusung menjadi brand mandiri Toyota, tetapi bentuknya yang khas seperti Toyota Avanza membuat mobil ini lebih dikenal dengan Avanza Veloz. Sama seperti Suzuki Dreza, Toyota Veloz juga punya front grille yang lebih mewah dan lebih stylish dibanding Toyota Avanza biasanya. Jika dibandingkan, Toyota Veloz punya spek interior dan eksterior yang berbeda dengan Toyota Avanza. Lebih lanjut, langsung saja kita bahas lebih detil bagian interior, eksterior, dan mesin dari kedua mobil low MPV ini.

Interior Suzuki Ertiga Dreza VS Toyota Avanza Veloz

Suzuki Ertiga Dreza sekilas memang terlihat sama seperti Suzuki Ertiga, tetapi interiornya jelas berbeda. Suzuki Ertiga Dreza punya panel pintu dengan desain kayu sehingga tampil lebih mewah. Selain itu, bagian dashboard dan joknya juga lebih stylish dan Suzuki Dreza punya satu fitur interior yang belum dimiliki Suzuki Ertiga sebelumnya, yaitu audio set tweeter.

Toyota Avanza Veloz juga punya interior yang berbeda dengan Toyota Avanza. Dashboard pengemudi tampil lebih elegan dengan aksen gelap. Dengan mengusung aksen gelap (all black) Toyota Avanza Veloz jadi terlihat lebih stylish, mewah, dan tentunya sporty.

Untuk fitur infotainment, Toyota Avanza Veloz punya display screen 6,1 inch dan Suzuki Ertiga Dreza memiliki display screen 9 inch. Keduanya lengkap dengan fitur infotainment standar, seperti CD Player, USB port, dan lain sebagainya.

Selain itu dari segi kenyamanan, baik Suzuki Ertiga Dreza maupun Toyota Avanza Veloz punya space yang cukup luas baik di bagian depan, tengah, maupun belakang. Kedua mobil ini juga mampu mengangkut kapasitas 6—7 penumpang.

Eksterior Suzuki Ertiga Dreza VS Toyota Avanza Veloz

Kedua mobil low MPV Suzuki Ertiga Dreza dan Toyota Avanza Veloz punya tampilan eksterior yang lebih stylish dan lebih mewah. Dengan tampilan front grille yang baru, kedua mobil ini jadi lebih sporty. Walau begitu, tetap saja Suzuki Ertiga Dreza dan Toyota Avanza Veloz tidak sepenuhnya berbeda dengan model sebelumnya.

Suzuki Ertiga Dreza hadir dengan fog lamps di bagian depan yang terpasang rapi dengan balutan bezel chrome metalik. Selain itu, eksterior Dreza juga lebih mewah dengan velg alloy chrome metalik. Begitu pula dengan Toyota Avanza Veloz, eksteriornya juga lebih keren dengan fog lamps di bagian depan dan aksen sporty yang lebih kental dibanding Toyota Avanza.Kedua mobil ini tidak mengalami banyak perubahan di bagian samping dan belakang. Pada dasarnya bagian samping dan belakang Suzuki Dreza dan Toyota Veloz ini masih cenderung sama dengan model sebelumnya. Bedanya, Suzuki Dreza meng-upgrade desain bodi samping dan belakang bagian bawah agar terlihat lebih mewah. Sedangkan Toyota Veloz lebih manis dengan reflektor belakang di ujung bawah bodi-nya.

Mesin dan Transmisi Suzuki Ertiga Dreza VS Toyota Avanza Veloz

Suzuki Ertiga Dreza masih menggunakan mesin Suzuki Ertiga K14B DOHC 4 silinder 1400 cc dengan 93,2 horse power. Mesin Suzuki memiliki teknologi Variable Valve Timing (VVT) yang didukung oleh Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain, dan Drive Wire Technology. Untuk kelasan low MPV, tarikan Suzuki Ertiga Dreza tergolong halus. Sistem injeksi membuat Suzuki Ertiga Dreza irit bahan bakar dan perawatannya lebih mudah. Suzuki Ertiga Dreza memiliki dua pilihan transmisi, yaitu 4 AT (automatic transmission) dan 5 MT (manual transmission).

 

Toyota Avanza Veloz juga demikian, menggunakan mesin DOHC 4 silinder 16-valve 1.3L atau 1.5L yang sama seperti mesin Toyota Avanza. Performa Toyota Veloz sedikit lebih baik dari Suzuki Dreza karena tenaga mesinnya lebih besar, yaitu 97,8 horse power. Walaupun performanya lebih baik, Toyota Veloz tetap irit bahan bakar.

Harga Suzuki Ertiga Dreza VS Toyota Avanza Veloz

Suzuki Ertiga Dreza dan Toyota Avanza Veloz adalah dua mobil yang sangat diminati di Indonesia. Setiap bepergian pasti kita sangat sering berpapasan dengan dua jenis mobil ini. Hal ini dikarenakan harga Suzuki Ertiga Dreza maupun Toyota Avanza Veloz tergolong bersahabat di kantong. Berikut akan dipaparkan lebih jelas kisaran harga kedua mobil berdasarkan situs resmi Suzuki dan Toyota di wilayah Jabodetabek.

Tipe Mobil

Harga

Suzuki Ertiga Dreza MT

Rp 217.900.000

Suzuki Ertiga Dreza AT

Rp 230.500.000

Suzuki Ertiga Dreza GS MT

Rp 224.900.000

Suzuki Ertiga Dreza GS AT

Rp 237.500.000

Toyota Avanza Veloz 1.3L MT

Rp 211.500.000

Toyota Avanza Veloz 1.3L AT

Rp 223.300.000

Toyota Avanza Veloz 1.5L MT

Rp 222.400.000

Toyota Avanza Veloz 1.5L AT

Rp 234.200.000

Komparasi Spek Suzuki Ertiga Dreza VS Toyota Avanza Veloz

Info lebih detil tentang komparasi antara kedua mobil Suzuki Ertiga Dreza dan Toyota Avanza Veloz akan dipaparkan pada tabel di bawah ini:

Spek Mobil

Suzuki Ertiga Dreza

Toyota Avanza Veloz

Mesin

Jenis Mesin

K14B DOHC (VVT)

IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder

1373 cc

1329 cc

Jumlah Katup

16

-

Jumlah Silinder

4 in-line

-

Diameter x langkah

73.0 x 82.0 nm

-

Perbandingan Kompresi

1:10

-

Daya Maksimum

93,2 hp / 6000 rpm

97,8 hp / 6000 rpm

Torsi Maksimum

130 nm / 4000 rpm

12,3 / 4200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection

EFI

Dimensi

P x L x T

4325 x 1695 x 1685 mm

4200 x 1660 x 1695 mm

Jarak Poros Roda

2740 mm

2655 mm

Jarak Pijak Depan

1480 mm

1425 mm

Jarak Pijak Belakang

1490 mm

1435 mm

Jarak Terendah

185 mm

200 mm

Radius Putar Minimum

5.2 m

-

Transmisi

Tipe Transmisi

5 MT / 4 AT

5 MT / 4 AT

Rangka

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering

Suspensi Depan

MacPherson Strut w/ Coil Spring

Macpheron Strut w/ Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam w/ Coil Spring

4-link Lateral Rod w/ Coil Spring

Rem Depan

Ventilated disc

Disc

Rem Belakang

Leading / Training Drum

Drum

Sistem Rem Additional

-

ABS

Ukuran Ban

185 / 65 R15

185 / 65 R15

Kapasitas

Kapasitas Penumpang Max.

7 orang

7 orang

Kapasitas BBM

45 liter

45 liter

new post

Harga, Spesifikasi, Review & Gambar All New Mazda2

Pesona Baru dari Honda, All New CBR250RR

Yamaha Soul GT 125 Harga dan Spesifikasi 2017

Honda Mempatenkan Desain CB300 TT Cafe Racer, Sinyal akan Diproduksi Masal?

Penyegaran dan Re-desain dari Nissan untuk X-Trail 2017?

Harga, Spesifikasi, Review & Gambar Nissan Serena 2017