Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Solusi Atasi Asap Mobil Berwarna Hitam

kpspt

Solusi Atasi Asap Mobil Berwarna Hitam- Saat berkendara di jalan pasti banyak polusi udara yang timbul dari asap kendaraan, salah satunya asap hitam yang berasal dari knalpot. Masalah asap mobil yang berwarna hitam tersebut kerap kali mengganggu pengguna jalan atau penggendara lain yang berada di belakangnya. Sebatas informasi, knalpot merupakan salah satu komponen pelengkap dalam berkendara. Lubang pada knalpot adalah tempat keluar masuknya proses pembakaran mesin agar kondisi mesin mobil tetap prima. Ternyata, kualitas knalpot juga dapat mempengaruhi performa mobil secara umum.

Seringkali kita mengabaikan masalah yang berasal dari knalpot salah satu dengan munculnya asap berwarna hitam. Perlu diketahui asap hitam yang dikeluarkan menjadi pertanda mobil dalam kondisi yang buruk. Penyebab asap mobil berwarna hitam diantaranya terdapat beberapa hal seperti sistem pembakaran yang berlebih, setting injector yang salah dan sebagainya.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, berikut merupakan solusi untuk mengatasi knalpot yang mengeluarkan asap berwarna hitam.

  • Mengganti Oli

 

cf

Pertama, salah satu faktor timbulnya asap mobil yang berwarna hitam karena adanya oli yang ikut terbakar. Bisa jadi, oli mobil sudah lama tidak diganti dengan yang baru sehingga mengakibatkan kondisi oli menjadi buruk. Maka dari itu, solusi yang tepat dalam merawat knalpot agar tidak mengeluarkan asap hitam dengan rajin mengganti oli yang baru. Sebaiknya, Anda mengganti oli mesin mobil secara teratur dalam waktu 2 atau 3 bulan sekali. Selain itu, lebih baik Anda memilih oli terbaik dan sesuai dengan mesin mobil Anda.

Baca juga Tips dan Cara Modifikasi Isuzu Panther Ekstrim

  • Membersihkan Ruang Silinder

 

deeae

Kedua, selain mengganti oli mesin mobil. Anda juga harus membersihkan ruang silinder secara teratur agar tidak menimbulkan asap kendaraan yang berwarna hitam. Kondisi ruang silinder yang kotor akibat adanya korosi dan oli mesin yang menjadi hitam akan berdampak juga kepada keluarnya asap hitam di knalpot. Untuk itu, Anda harus rajin membersihkan ruang silinder mesin dengan teratur.

Bila kondisi ruang silinder terjaga kebersihannya akan mencegah terjadinya masalah asap hitam pada knalpot. Selain itu, juga akan membuat performa mesin mobil Anda tetap terjaga dan optimal. Sebaiknya, melakukan servis rutin setiap 2 atau 3 bulan sekali untuk membersihkan ruang silinder pada mobil.  

Semoga dua solusi di atas dapat menjadi pilihan Anda, bilamana terjadinya masalah knalpot yang mengeluarkan asap hitam dan bermanfaat dalam menjadi mesin mobil Anda agar tetap prima.

Artikel terkait: Hal Yang Perlu Diperhatikan Wanita Saat Mengemudi

Tips Mencegah Aksi Si Pencuri Mobil

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil