Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Review Daihatsu Taft Modifikasi Terbaru

TAFT Modif

Bagi anda pemilik mobil Daihatsu taft, agaknya anda harus berbangga memiliki kendaraan ini, sebab mobil yang memiliki desain lumayan besar ini memiliki daya tahan banting yang kuat serta dapat digunakan dalam kondisi jalan bebatuan ataupun berpasir sekalipun. Daihatsu taft (Tough Almighty Fourwheeldrive Transport) merupakan jenis mobil SUV yang pertama kali diproduksi pada sekitar tahun 1974. Pada awal diluncurkan, mobil ini dibekali dengan mesin bensin 4 segaris 1.0 L atau 958 cc karburator bertenaga 57 hp (42,5 kW, 58 PS) @5500 rpm dengan torsi 78,5 Nm / 58 ft-lb 4000 rpm. Kemudian mengalami sedikit perubahan pada generasi kedua F50 yang diproduksi tahun 1977, dan berlanjut pada generasi ketiga (F70) atau yang sering disebut Daihatsu Taft GT yang diproduksi pada tahun 1985-an. Generasi ketiga inilah yang paling laris dan hingga kini banyak dijumpai di indonesia.

Daihatsu Taft GT - 1985

Daihatsu Taft GT atau F70 merupakan salah satu model Daihatsu Taft beroda 4 yang paling lama dipasarkan di indonesia, maka tak heran jika pengguna kendaraan ini lumayan banyak di tanah air. Mobil ini menggunakan tampilan mesin baru yang lebih besar dan bertenaga dari pada generasi sebelumnya dengan kapasitas 2765 cc dan bertenaga indirect injection. Selain itu dilengkapi pula dengan tenaga maksimum 72 hp (53,5 kW, 73 ps) @3600 rpm dan torsi maksimumnya 170 Nm / 125 ft-lb @220o rpm. Tak ketinggalan pula pada bagian mesin dilengkapi dengan timing gear sebagai penggerak katub dengan pompa injeksi in-line.

Daihatsu Taft Hiline - 1980

Selain Daihatsu Taft GT atau F70, masyarakat indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan Daihatsu jenis lain seperti Daihatsu Taft Hiline atau Taft F69 4x4. Daihatsu Taft Hiline diproduksi pada tahun 1980 dan memiliki variasi dimensi yang teretak pada sumbu-roda pendek  (Hiline GTS, Short-Wheelbase). Sama seperti F70, daihatsi F69 memiliki ukuran dimensi serta jenis mesin yang sama. Perbedaan hanya terletak pada bagian penggerak roda belakang saja. Kemudian, seiring berjalannya waktu Daihatsu Hiline pun tak luput dari perkembangan. Hal ini terbukti dengan hadirnya Hiline GTX yang mulai diproduksi pada tahun 1986 hingga 1988. Hiline GTX inilah yang kemudian disebut-sebut sebagai cikal bakal terbentuknya Daihatsi Taft F75 Rocky.

Daihatsu Taft F75 Rocky - 1988

Pada tahun 1988 daihatsu kembali mengeluarkan produknya dengan nama Daihatsi Taft F75 Rocky. Kendaraan ini diciptakan dengan memberikan mesin yang terbuat dari resin medium-whellbase. Mesin yang digunakan adalah jenis diesel DL42 2.8 L atau 2765 cc. Jika diperhatikan mobil jenis ini memiliki ukuran serta body yang lebih benar dari sebelumnya, namun untuk performa kendaraan ini sudah tidak diragukan lagi.

Tidak dipungkiri lagi jika seiring berjalannya waktu, dunia otomotif pun terus berbenah dan memberikan produk-produk terbarunya dengan performa yang jauh lebih baik. Begitu pula dengan Daihatsu Taft.

 

Daihatsu Taft F73 – 1996

Setelah mengalami perubahan pada beberapa generasi, menciptakan beberapa versi yang sukses di pasaran, pada tahun 1996 hingga 2007 daihatsu kembali memperkenalkan produknya pada generasi keempat dengan nama F73 atau F78. Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin diesel DL42 2.8 L, transmisisi manual 5 percepatan.

Meskipun memiliki nama yang berbeda, namun antara Taft F73 dan Taft 70 tidak memiliki perbedaan yang mencolok, kecuali perbedaan yang terletak pada bagian gril dan lampu depannya saja. selain itu, taft generasi keempat disebut juga Taft Independent karena telah menggunakan suspense independent pada bagian roda depan, serta garden dolid dengan per keong untuk roda belakang. Sedangkan untuk soal mesin, masih menggunakan mesin diesel DL42 2.8 L atau 2765 cc dengan transmisisi manual 5 percepatan.

 

Daihatsu Taft Kebo

Tak berhenti sampai disitu saja, Daihatsu Taft masih memiliki beberapa jenis lain seperti Taft Kebo F10 dan F50. Dijuluki Taft kebo karena kendaraan ini mampu digunakan pada berbagai medan, baik berbatu, berpasir, dan juga berlumpur sekalipun. Kedua jenis kendaraan ini memiliki beberapa perbedaan pada bagian mesinnya. F10 menggunakan meson seri FE 4 silinder 958 cc, sedangkan F50 menggunakan mesin diesel DG 4 silinder indirect injection berkapasitas 2530cc.

 

Modifikasi Daihatsu Taft

Selain mengalami perubahan pada beberapa generasi dan versi, Daihatsu Taft juga banyak dimodifikasi demi menambah tampilan yang lebih menarik. Terlebih lagi jika mobil taft anda sudah mengalami banyak kerusakan, tentunya memodifikasi merupakan salah satu pilihan tepat supaya mobil anda tetap terawat dengan baik. Beberapa bagian mobil taft yang biasanya dimodifikasi adalah bagian velg, ban, bagian interior seperti audio, AC, dan lain sebagainya. Jika anda bisa memodifikasi sendiri, anda pastinya anda akan lebih irit, sebab biaya modifikasi bisa anda gunakan untuk keperluan lain. berbeda halnya jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, lebih baik anda pergi ke bengkel yang dapat memodifikasi kendaraan anda secara baik.

Demikian tadi sedikit informasi mengenai Daihatsu Taft dari beberapa generasi dan beberapa versi, serta modifikasi Daihatsu Taft. Jika anda berniat membeli mobil ini dengan harga murah tidak ada salahnya membeli mobil bekas, kemudian anda bisa memodifikasinya sesuka hati sesuai dengan keinginan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil