Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Pikir Ulang Saat Ingin Lepas Filter Motor !

static6.com

Semua jenis sepeda motor pasti disematkan filter udara pada komponen mesinnya. Komponen ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Sehingga, udara yang dihasilkan pun lebih bersih, minus kotoran seperti debu.

Namun, ada kalanya komponen yang sangat penting ini justru tidak sengaja terabaikan. Selain tak dibersihkan, yang lebih ekstrem lagi adalah mencopotnya sama sekali.

Umumnya, hal ini dilakukan guna mendapat sensasi sensasi cepat sampai batas teratas. Mereka yang melakukan hal tersebut menganggap bahwa pencopotan filter dapat membuat tarikan gas semakin ringan, dan performa semakin baik karena udara yang masuk lebih banyak.

asian-accessory.com

Namun faktanya, hal ini sama sekali tidak benar. Ada beberapa alasan yang mempengaruhinya. Yang jelas, pembakaran yang baik tidak hanya mengandalkan satu aspek saja. Pembakaran yang optimal itu terjadi saat api, udara, dan bahan bakar tercampur dalam takaran yang pas. Kalau hanya udara yang diperbanyak, justru pembakaran malah jadi tidak optimal

Saat pembakaran tak sempurna, bukan tarikannya yang lebih baik. Justru hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Alhasil, bensin jadi habis lebih cepat. Tarikan awalnya sama aja kencang. Yang penting udara sama bensinnya sesuai. "Justru buat bensin lebih boros. Kalau memang tujuannya itu, harus juga diatur besar api dan bensinnya," tambah Reki.

Selain itu, melepas filter udara sama saja dengan memberikan izin ruang bakar dimasuki oleh partikel-partikel kotor. Saat filter udara tidak ada, maka partikel apapun akan dengan mudah masuk ke sektor mesin, tidak terkecuali debu, pasir, dan kotoran lain. Akhirnya, ini bisa merusak komponen mesin secara seutuhnya.

Source: liputan6.com

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil