Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

  • Phillip Island di Guyur Hujan Deras, Sesi Latihan di Batalkan

Phillip Island di Guyur Hujan Deras, Sesi Latihan di Batalkan

Hujan deras yang terjadi di sirkuit Phillip Island, Australia, pada hari Jumat tanggal 21 Oktober 2016 menyebabkan latihan perlombaan MotoGP dibatalkan. Tingginya curah hujan yang terjadi menyebabkan jalanan menjadi licin dan keadaan arena balap dianggap sangat berbahaya oleh Race Direction.

Hujan yang turun sejak pagi hari menjadikan panitia perlombaan MotoGP membatalkan sesi latihan. Awalnya sesi latihan pertama tetap dilaksanakan. Pada sesi pertama Cal Cruthlow lah yang tercatat dengan waktu tercepat yaitu 1 menit 40.957 detik.

motogp_australia_2016_jadwal_baru

naikmotor.com

Namun jelang latihan sesi kedua, hujan menjadi bertambah sangat lebat dan panitia terpaksa memudurkan waktu untuk melaksanakan sesi keduanya. Setelah menunggu sekitar 45 menit, free practice dua akhirnya dilaksanakan. Namun hanya dua pembalap yang dapat berkesempatan menunjukkan kemampuannya yaitu Aleix Espargaro dan Valentino Rossi.

Sekitar kurang lebih 15 menit berjalan, sesi latihan untuk yang kedua akhirnya dengan berat hati dihentikan. Panitia balapan MotoGP memutuskan untuk menunggu sampai cuaca menjadi membaik. Namun sepertinya semuanya harus mengurungkan niat, pasalnya cuaca tak juga membaik dan pada akhirnya semua pembalap kembali ke tempat istirahatnya masing-masing.

balapan-di-sachsenring-jerman-2016-dimulai-dengan-kondisi-basah-201607191109505425

cdn.sportku.com

Jack Miller mengatakan tidak merasa bahwa para pembalap lainnya merasa frustrasi. Ia mengakui keputusan pihak penyelenggara sangat tepat. Karna keputusan ini sangat bagus bagi para semua pembalap. Rider Estrella Galicia mengatakan karna sangat sulit untuk balapan dengan hujan deras yang menimpa.

Jack mengatakan berada di dalam lebih baik ketimbang harus berada di luar dan menaiki motornya dengan keadaan arena yang menakutkan. Keputusan tersebut sangat bermanfaat bagi dirinya dan pembalap lainnya.

Sementara itu, baru enam pebalap yang mencatat putaran yakni Barbera Mike Jones (Avintia), Tito Rabat (Marc VDS), Danilo Petrucci (Octo Pramac), Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar), dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha).

Para pebalap akan kembali ke lintasan pada Sabtu (22/10/2016) untuk menjalani sesi latihan bebas ketiga, keempat, serta kualifikasi.

Cuaca buruk tersebut melanda sirkuit Phillip Island, Australia hingga membuat jadwal sesi latihan MotoGP mengalami perubahan. Atas kesepakatan bersama sesi latihan bebas ketiga mengalami penyesuaian untuk menghindari adanya perubahan cuaca.

Latihan bebas ketiga berencana akan dimajukan satu jam lebih awal dari jadwal yang sudah ditetapkan. Selain itu pula, latihan bebas sesi ketiga ini diberikan sedikit penambahan sebanyak 45 menit.

Latihan bebas ketiga tersebut akan diselenggarakan pada pukul 09.55 sampai 10.55 waktu setempat Australia. Selain itu pula, rangkaian seri MotoGP Australia selanjutnya akan dilanjutkan dengan adanya latihan bebas keempat pada pukul 14.30 setempat.

Sementara itu untuk kualifikasi pertama akan dilakukan pada pukul 15.10 waktu setempat. Dan selanjutnya pada kualifikasi ketiga akan dilaksanakan pukul 15.35 pada waktu di sirkuit Phillip Island.

Cuaca buruk yang mengguyur Phillip Island pada akhirnya membuat latihan bebas kedua dibatalkan. Namun sebelum pihak panitia penyelenggara dibatalkan ada enam pembalap yang sudah mengikuti sesi latihan.

Keenam pembalap yang mengikuti sesi latihan yaitu Hector Barbera, Mike Jones, Tito Rabat, Danilo Petrucci, Aleix Espargaro, dan yang terakhir Valentino Rossi. Barbera menjadi pembalap tercepat yang menyelesaikan sesi latihan kedua dengan catatan waktu yang diperoleh 1 menit 51,958 detik.

518682_620

cdn.tmpo.co

Selain itu pula, cuaca buruk yang terjadi menyebabkan Rossi meradang karena aksinya terkena penalti. Hal itu dikarenakan pembalap Yamaha tersebut menggunakan ban supersoft sebanyak 11 kali.

Mengingat bahwa Michelin memberikan ketentuan penggunaan ban supersoft hanya dapat digunakan maksimal 10 kali. Namun Rossi sendiri mengaku bahwa ia menggunakan ban tersebut sebanyak 9 kali.

Akibat penalti yang diterima oleh Valentino Rossi membuat pembalap Movistar Yamaha tersebut tercecer pada posisi ke 20. Padahal pembalap asal Italia tersebut sebenarnya berada di urutan kedua pada sesi latihan bebas untuk yang pertama.

Sumber : m.juara.net

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil