Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Pesona Baru dari Honda, All New CBR250RR

cbr

Pesona Baru dari Honda, All New CBR250RR- Sejak kehadiran di tahun 2014, Honda CBR250R belumlah mendapatkan angka penjualan yang mengembirakan. Mengingat pangsa pasar motor 250cc di Indonesia masih didominasi oleh penjualan  motor Kawasaki Ninja 250.

Honda menyadari hal ini, selain teknologinya yang masih kalah dengan Kawasaki Ninja 250, untuk model dan dapur pacu juga Honda harus berbenah agar dapat benar-benar bisa bersaing dengan Kawasaki Ninja 250. Intinya, Honda harus merombak dan mengupgrade secara besar-besaran CBR250R-nya agar bisa bersaing dengan Ninja.

Pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kemarin, Honda secara resmi memperkenalkan dan memajang All New CBR250RR-nya. Walau masih dalam bentuk prototype, tapi spesifikasi masin dan model sudah fix dan mulai masuk produksi massal pada bulan Oktober 2016.

Belum ada rilis resmi untuk harga on the road Honda All New CBR250RR ini dari Astra Honda Motor (AHM) Indonesia. Hanya kisaran harga tertinggi dan terendah saja yaitu:

  1. Honda All New CBR250RR Std     Rp. 63.000.000 – 68.000.000
  2. Honda All New CBR250RR ABS    Rp. 69.000.000 – 74.000.000

Tetapi walau belum ada rilis resmi untuk harganya di Indonesia, CBR250RR ini sudah mendapatkan pesanan 68 unit selama pameran tersebut berlangsung. Ini membuktikan respon pasar yang sangat baik terhadap produk ini.

Namun perbedaan harga yang cukup jauh dan mencolok dari generasi sebelumnya, juga membuat Honda harus hati-hati untuk menetapkan harga OTR-nya. Karena jika terlalu jauh juga diferensiasi harga dengan rival-rivalnya seperti Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250, bisa menjadi bumerang bagi Honda. Karena masalah harga di Indonesia terbilang cukup sensitif dan sering menjadi pertimbangan utama orang Indonesia dalam membeli suatu produk.

Lalu, sebenarnya apa saja yang dilakukan AHM terhadap Honda All New CBR250RR ini? Akan kita coba bedah satu per satu.

Model Fisik dan Knalpot Honda All New CBR250RR.

cbr 1

Terus terang, model Honda All New CBR250RR ini mendapatkan perubahan secara total dibandingnya versi lawasnya. Bodinya kini didominasi dengan lekukkan-lekukan tajam dan garis-garis tegas. Kesan futuristik dan gagah jelas tersirat dari model terbaru Honda CBR250RR ini.

cbr 2

Pada fairing depannya terlihat model lampu bertingkat dengan lampu utama seperti tersembunyi dan didominasi garis-garis tegas dan lekukan tajam. Sedangkan di atas lampu utama ada lampu kecil disinyalir sepertinya turn light.

Untuk urusan emisi gas buang atau knalpot, Honda tidak tanggung-tanggung. Kali ini menggunakan knalpot doubel barrel, dimana terdapat 2 lubang pembuangan terpisah dengan bentuk seperti 2 knalpot kembar disatukan. Dengan bentuk yang sporty memperindah penampilan CBR250RR ini.

Lalu seperti apa sistem gas buang yang digunakan oleh knalpot double barrel ini? Berikut gambarnya:

cbr 3

Ternyata didalamnya terdapat 3 ruang yang masing-masing terdiri dari 2 pipa penghubung dan 2 pipa pembuangan gas.

Mesin All New CBR250RR.

Untuk dapat memberikan perlawanan bahkan melampaui rival-rivalnya, sektor dapur pacu juga kebagian perubahan besar-besaran. Jika pada CBR250R lawas, Honda hanya menggunakan 1 silinder, kini di All New CBR250RR sudah menggunakan 2 silinder DOHC (over bore). Mesin ini kabarnya bisa teriak dengan kitiran diatas 12.000 RPM, sedangkan red line di spedometer menunjukkan hingga 14.000 rpm.

Menurut Cycle Word, mesin Honda ini bisa menyemburkan tenaga 38 HP dalam kondisi dry weight. Lumayan gede dibandingkan rival-rival sekelasnya.

Berikut spesifikasi teknis yang kami dapatkan dari situs resminya:

Jenis Mesin

4 stroke, 8 valve, parallel Twin Cylinder

Kapasitas Mesin

249.7cc

Jenis Suplai BBM

PGM-FI

Bore x Stroke

62.0 x 41.4 mm

Transmisi Manual

6 kecepatan

Jenis Lubricant

Basah (pressing & spray)

Sistem Pendingin

Liquid cooled dengan Kipas auto elektrik

Throttle System

Throttlr-by-wire System with accelerator posisition sensor.

Rasio Kompresi

11.5:1

Sistem Kopling

Multiplate wet clutch with coil spring

Kapasitas Oil

1.9 L (exchange)

 

 

 

 


new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil