Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Menguji Langsung Bantuan pengereman Otomatis Toyota

Teknologi pengereman otomatis mencegah terjadinya tabrakan akibat kelalaian dalam mengemudi

2042500toyota-tes-pcv-ok780x390

assets.kompas.com

Teknologi bantuan pengereman otomatis (Pre-collision Brake Assist/PBA) yang digunakan oleh beberapa model merupakan salah satu perangkat keselamatan aktif unggulan. Yang berfungsi untuk memberikan bantuan pengereman ketika pengemudi sedang lengah.

Beberapa pengemudi sering kali lupa mengaktifkan rem parkir atau menginjak pedal rem, Kelalaian itu menyebabkan mobil melaju perlahan tanpa dirasakan pengemudi. Biasanya kondisi tersebut baru disadari ketika sudah menabrak mobil yang berada di depannya. Oleh karena itu fitur ini bermanfaat saat mobil melaju sendiri, saat antre lampu merah atau berada di jalan menurun.

Nah, awak redaksi berkesempatan menguji langsung teknologi yang dapat mencegah terjadinya tabrakan akibat kelengahan tersebut. dengan menggunakan Toyota Prius Terbaru, Lokasi uji coba di Fuji Speedway, Shizuoka, Jepang, Senin (29/8/2016). Disediakan objek dari pelat tipis dengan gambar bagian belakang mobil sebagai target. 

20 kpj

Sebelum uji coba, instruktur menjelaskan beberapa cara dan mempraktikkan terlebih dahulu prosesnya sebagai contoh. Setelah siap, pedal gas ditekan hingga melaju 20 kpj.

Kira-kira 50 meter mendekati objek (ada tanda dari cone), instruktur meminta kita melepaskan kaki dari pedal gas dan membiarkan mobil melaju. Sekitar 5 meter mendekati objek, mobil langsung berhenti. Padahal pedal rem tidak diinjak sama sekali.

Ketika proses tersebut berlangsung, muncul peringatan pada layar di dasbor tengah bertuliskan “Brake” dengan latar belakang merah kedap kedip. Setelah mobil berhenti, pengemudi diminta menginjak rem agar mobil tak kembali melaju.

Sensor

volvo_xc90_city_safety

www.cartelligent.com

Langkah antisipasi dalam fitur PBA tersebut merupakan hasil kerja kamera depan dan sensor sonar yang ada di bemper. Kedua komponen tersebut memberi info kepada sistem rem (ABS dan EBD) yang ada di Prius untuk mengaktifkan pengereman mendadak.

Kemudian instruktur juga memberikan pengarahan untuk mengikuti aba-aba darurat. Hal tersebut dilakukan jika mobil tidak melakukan pengereman dalam jarak yang sangat dekat. Biasanya terjadi karena beberapa gangguan yang menyebabkan fitur tidak bekerja. Salah satunya karena cuaca dan kondisi jalan. Ketika sensor ataupun kamera tidak bekerja dengan baik atau terhalang, maka fitur tidak dapat bekerja dengan baik..

Kesimpulannya, meski sudah dibekali alat canggih, kewaspadaan saat berkendara masih tetap dibutuhkan.

Source :

otomotif.kompas.com 

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil