Portal Informasi & Berita Otomotif Terlengkap | Mobil Mewah

Kumpulan Foto Generasi Mobil Sport Porsche 911 yang Legendaris

Porsche 911 merupakan representatif dari model mobil Porsche. Menurut saya, mobil dengan model Porsche dikagumi oleh hampir semua orang dan Porsche selalu diakui kehebatannya sebagai mobil sport. Karena itu, saya berniat untuk mengulas kembali sejarah panjang generasi Porsche beserta kumpulan fotonya. Namun tidak dapat dipungkiri, karena Porsche merupakan model mobil ternama yang memiliki sejarah panjang, sayangnya tidak semua hal mengenai Porsche 911 akan saya bahas. Saya hanya akan membahas mengenai perubahan model saja tidak bersama pembahasan model mobil spesial Porsche atau pembahasan versi mobil Porsche lainnya.

Generasi Pertama Model 901

v094-001

img:mycarquest.com

Model 901 merupakan generasi pertama dari model 911 yang diproduksi dari tahun 1964 hingga tahun 1974.  Terdapat model A hingga model L untuk Porsche model ini.  Porsche model ini dilengkapi dengan model pendingin horizontal dengan total 6 silinder dan spesifikasi bore φ 80 mm x 66 stroke.  Dilihat dari prospek masa depan mengenai mesin dengan kebisingan rendah dan output tinggi, sistem SOHC yang sudah maju diadopsi pada saat itu, ketika masih menggunakan batang penekan (pushrod). Mengenai sistem pembuangan gas agar bisa mendapat margin besar dengan uang yang relatif terjangkau maka angka pembuangan gas mencapai 1991 cc, namun telah diluncurkan rencana agar kuantitas itu mampu diperbesar menjadi sekitar 2700cc.

Pada masa itu, pendingin dari RR (Rear Engine, Rear Drive) merupakan layout yang wajar digunakan.

Generasi Kedua Model 930

v094-002

img:gomotors.net

Ini adalah generasi kedua yang diproduksi dari tahun 1974 hingga tahun 1989. Meski model original 901 yang telah ditambah dengan model turbo terjual bersamaan, pada tahun 1978 penjualan diganti menjadi mobil Porsche model 930 seri NA. Model ini difasilitasi dengan bumper besar yang merupakan penyesuaian dari standar keamanan Amerika, pada foto model Porsche Turbo ini, pemasangan sayap dengan model turbo menjadi daya tarik yang besar untuk mengungguli mobil Fender dengan pendingin dalamnya.

Generasi Ketiga Model 964

v094-003

img:fastcar.co.uk

Model 964 diproduksi dari tahun 1989 hingga tahun 1993. Struktur tubuh secara keseluruhan adalah monokok (monocoque). Terjadi pula perubahan pada suspensi yang awalnya pegas batang torsi (torsion bar spring) menjadi pegas ulir (coil spring). Secara penampilan, model ini mirip dengan model 930, tapi 80 persen bagiannya diakui sebagai bagian baru. Dari model ini juga, dibentuk model Carerra 4.

Mesin pendingin mobil sport lain dibuat disesuaikan berdasarkan karakteristik sistem penggerak roda apakah FR atau MR, bahkan pada zaman di saat mobil-mobil produksi Jepang pun menggunakan 280 tenaga kuda, Porsche 911 yang terus bertahan menggunakan pendingin udara  mengalami ketertinggalan dibandingkan model 930. Model ini mirip dengan model mobil Black Bird “Wangan Midnight”.

Generasi Keempat Model 993

v094-004

img:oppositelock.kinja.com

Model 993 diproduksi dari tahun 1993 hingga tahun 1998. Pada model 996 yang diproduksi setelah model 993, mesinnya memiliki sistem water-cooling, karena  hal itu, model 911 menjadi model terakhir yang menggunakan pendingin udara.

Lampu penerangan utamanya dimiringkan, mirip dengan model 911.  Sebagai tambahan, model ini juga mengadopsi suspensi belakang yang multi-link dan menghapus kekurangan model sebelumnya. Seperti yang ada di foto, mobil yang melaju sedikit lebih di depan merupakan model Porsche 993, dan mobil yang melaju sedikit di belakang merupakan model Porsche 964.  Dengan seperti itu dapat dilihat jelas perbedaan yang ada pada lampu penerangan dan beberapa hal lainnya.

Generasi Kelima Model 996

v094-005

img:onlytruecars.com

Model 996 diproduksi semenjak tahun 1998 hingga tahun 2004. Trade-mark sebagai pengguna mesin pendingin udara kini didesign ulang menjadi mesin dengan sistem water-cooled, selain itu bagian chassisnya pun diperbaharui. Hanya sistem RR yang masih dipertahankan.

Perubahan besar model ini terletak pada perubahan total model mobil, bagian tubuhnya diperluas, dari image bentuk tradisional yang kecil dan mencurut menjadi image model mobil yang lebih lebar dan bertubuh rendah.

Bagian ruangan yang diperluas merubah armosfir yang ada. Selain itu, bagian kecil dari mobil jenis ini menjadi dasar bagi mobil modern masa kini.

Generasi Keenam Model 997

v094-006

img:wallcars.net

Model 997 diproduksi dari tahun 2007 hingga tahun 2011. Pada model 996 yang menggunakan lampu penerangan jenis tear-drop nyatanya tidak begitu diterima dengan baik, sehingga model 997 menggunakan kembali jenis lampu penerangan seperti di tahun-tahun sebelumnya, yaitu lampu penerangan dengan bentuk bulat.

Model ini menggunakan bentuk chassis model 996 meskipun 80 persennya merupakan design baru. Untuk mesin juga masih berbasis pada model 996, tapi dibandingkan model sebelumnya, mesin untuk model berikutnya ini sudah dirubah menjadi mesin injeksi langsung (direct injection).

Generasi Ketujuh Model 991

v094-007

img:openers.jp

Semenjak tahun 2011 hingga sekarang Porsche telah beralih kepada model 991. Fitur paling besar adalah menggunakan metal yang ringan untuk bagian chassis dan untuk mesinnya masih menggunakan mesin model 997 terbaru yang sudah ditingkatkan performanya.

Untuk design yang menjadi sorotan, untuk model 991 ini penampilan mobil berhenti mengikuti model Porsche Boxstar dan dirubah menjadi lebar dan rendah, hal ini dilakukan karena pernah adanya penilaian buruk mengenai penampilan luar mobil model Boxstar. Pihak Porsche sangat berusaha untuk meningkatkan image.

Lalu dalam hal perkembangan mesin, ditemukannya cara untuk menanggulangi efek negatif RR terutama pada masalah pada pengoperasian dan juga kenyamanan berkendara. Namun, di luar peningkatan performa untuk kedua masalah di atas, masih ada evaluasian bahwa rasa berkendara model ini tidak seperti model 911.

Bonus, Model 901 Tampilan Transparan

v094-008

img:animationoptions.com

Ini adalah tampilan transparan generasi pertama model 901. Kita dapat mengetahui bahwa mereka mempertahankan layout RR semenjak generasi pertama. Pada masa dimana ban mobil dibuat rendah, pada bagian belakang yang juga rendah disimpan mesin juga alat transmisi yang berat agar mendapatkan daya cengkram yang baik, lalu dengan layout tersebut memungkinkan 4 orang untuk berkendara, itu merupakan model yang banyak diadopsi pada masa itu. Untuk aspek negatif, tidak menempatkan beban di bagian di depan menyebabkan arus terus menerus mengalir hanya di bagian belakang saja. Hal ini serta layout yang ada jadi mengakibatkan dibutuhkannya seorang pengendara yang handal. Kini hanya layout yang diadopsi dari model 911 saja yang diproduksi secara masal.

Model ini terus menerus mempertahankan sistem RR dan menggunakan mesin pendingin horizontal, namun meski begitu model ini terus menerus berkembang untuk menjadi mobil sport tercepat. Menjadi model Porsche 911, yang sangat menakjubkan. Setiap modelnya spesial, suatu keberadaan yang tidak bisa ditiru begitu saja oleh siapapun.

new post

Gambar Modifikasi Daihatsu Terios Paling Unik

Harga, Spesifikasi, Review & Gambar All New Mazda2

Pesona Baru dari Honda, All New CBR250RR

Yamaha Soul GT 125 Harga dan Spesifikasi 2017

Honda Mempatenkan Desain CB300 TT Cafe Racer, Sinyal akan Diproduksi Masal?

Penyegaran dan Re-desain dari Nissan untuk X-Trail 2017?