Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Kini bukan hanya balapan, McLaren juga menjadi produsen Supercar

McLaren Racing yang terus bekerja berdampingan dengan Ferrari di F1, adalah tim balap inggris yang dibangun oleh Bruce McLaren pada tahun 1963. Merupakan salah satu bagian dari McLaren Automotive yang mulai memproduksi Supercar sejak tahun 1990. Dan kini telah resmi ditetapkan sebagai salah satu produsen Supercar.

P1

v148-001

img:motorward.com

Yang pertama adalah P1 unggulan. Nama P1 merupakan singkatan dari Position 1, dengan kata lain berarti tempat pertama. Rencana produksi mobil ini terbatas hanya sejumlah 375 unit saja. Berdasarkan Ground Effect dan Wing Effect-nya, selain menghasilkan Down Force hingga 600kg , lateral G pada saat menikung pun mencapai hingga 2G. Bagian belakangnya dibentuk oleh bagian aerodinamis yang memiliki kekuatan istimewa, inilah yang menjadi salah satu sorotan dari P1. Mesinnya dilengkapi oleh V8 twin turbo kapasitas 3.8 liter, dengan tenaga maksimum 737 PS. Terlebih lagi, terpasang pula sistem hybrid bernama IPAS (Instant Power Assist System) yang mirip dengan KERS pada F1, dengan dibantu oleh motor listrik 179 PS dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 916 PS, mesin ini bagaikan monster yang dapat mengerahkan torsi hingga 900Nm.

650S

v148-002

img:netcarshow.com

Model 650S posisinya berada dibawah P1, tetapi memiliki chassis yang sama dengan Super Series model unggulan MP4-12C. Namun karena MP4-12C mengumumkan akhir produksinya membuat model ini menjadi mobil pengganti yang substansial. 650 menunjukan Horse Power sebesar 650 dan S memiliki arti Sport. Sehingga mobil ini tidak dapat dibilang sebagai mobil biasa, melainkan mobil yang cukup super.

570S

v148-003

img:carmagazine.co.uk

570S Coupe merupakan langkah pertama dari Sport Series. Dalam entry model McLaren, model ini posisinya berada dibawah 650S. Memiliki desain Front Spoiler dan Full LED Headlight, dibelakang pintunya dipasang air intake mirip dengan line up lainnya. McLaren menyebutnya sebagai desain Shrink-wrap, dan menjadikannya sebagai ikon McLaren. Meskipun P1 dan 650S termasuk dalam segmen Supercar, sedangkan 570S disebut sebagai segmen Sportcar pertama, namun sebenarnya model 570S ini pun termasuk dalam jenis Supercar.

F1

v149-004

img:grazielife.exblog.jp

Merupakan Supercar yang diperkenalkan pada tahun 1991. Direparasi layaknya mobil Super Sports, dan menggunakan mesin yang mengangkat standar Super Sport, untuk membuat mobil seperti ini maka terlahirlah mobil McLaren. Meskipun memiliki sejumlah struktur khusus, bagaimanapun, dengan tidak mempermasalahkan jenisnya, sebagai mobil pasaran mobil ini memiliki keistimewaan  dapat dinaiki oleh 3 orang .

MP4-12

v148-005

img:zombdrive.com

Pemberian nama MP4 terbentuk sejak digunakannya mesin McLaren di F1 mulai tahun 1981 dan dipasang dengan  kemampuan yang sejajar dengan mesin tipe V 12 silinder , datang dari mobil yang menggunakan Carbon Fiber. Dilengkapi dengan 3.8L twin turbo, kekuatannya mencapai 600PS, dan menghasilkan torsi hingga 600Nm (61.2kg fm). Kini disebut – sebut sebagai titik awal Roadcar bagi McLaren.

SLR

v148-006

img:damox.com

SLR adalah puncak tertinggi dari Motor Sport Mclaren, merupakan Supercar yang dibentuk atas kerjasama antara McLaren dengan Mercedes Benz di F1. Nama SLR dihubungkan dengan 300SLR yang aktif pada tahun 1955, butterfly door dan detail bagian sekitar depan mobil yang diasosiasikan dengan F1. Perakitan dan produksi cassis dilakukan oleh McLaren.

Simpulan

McLaren Automotive dibentuk pada tahun 1990 sebagai McLaren Car untuk memproduksi Roadcar F1, semenjak itu, high power market terus berlangsung, dan kini telah diakui sebagai Supercar brand yang posisinya tidak jauh dari Ferrari maupun Lamborghini. Mulai sekarang Supercar seperti apakah yang akan diperkenalkan, masih merupakan sejarah pendek, semoga kedepannya mereka dapat menciptakan mesin yang lebih hebat dan mengejutkan.

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil