Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Karburator Motor Anda Banjir, Yuk Atasi  Sendiri di Rumah !

otonity.com

Zaman semakin canggih begitu juga dengan teknologi yang terdapat pada kendaraan bermotor versi terbaru yang menggunakan sistem injeksi. Tapi jika kita perhatikan tidak semua memakai teknologi itu, masih ada kendaraan bermotor yang menggunakan karburator .

Karburator yang mempunya peranan penting dalam hal pengkabutan bahan bakar, untuk mengallirkan bensin ke silinder. Performa karburator harus selalu terjaga dengan cara memeriksanya secara rutin. Ada beberapa masalah yang timbul pada karburator, salah satunya karburator banjir.

Sebelum memperbaiki karburator yang banjir, terlebih dahulu kita cari tau apa saja penyebab kebanjiran pada karburator.

Karburator mempunyai  ruang pelampung yang berfungsi untuk menampung bensin sementara, yang terletak pada bagian bawah. Pelampung tersebut terhubung dengan needle valve yaitu katup yang berfungsi untuk membuka dan menutup aliran bensin dari tangki ke karburator.

1.bp.blogspot.com

Cara kerja dari needle valve yakni, jika bensin yang terdapat di ruangan pelampung sedikit maka needle valve akan terbuka dan jika bensin penuh needle valve akan tertutup. Jika cara kerja needle valve tidak berfungsi dengan semestinya akan membuat katup tidak tertutup dengan rapat, yang bisa menyebabkan meluapnya bensin ketika terisi penuh di ruang pelampung atau disebut karburator banjir.

Tidak usah panik ketika anda mengalami karburator yang banjir, ternyata sangat mudah untuk mengatasi keadaan tersebut sendiri dirumah.

Pertama, lepaskan kaburator dengan melepas kedua baut yang ada berikut dengan kabel gas dan kabel cuk, tetapi jika motor anda masih menggunakan filter standar, maka lepas terlebih dahulu filter tersebut.

Kedua, bongkar karburator dengan melepas keempat baut yang terletak dibagian bawah, keudian buka ruang pelampuang maka anda kan mendapatkan sebuah pelampung didalamnya. Lepas pelampung yang terbuat dari palstik tersebut dengan menarik keluar sindik, maka pelampung akan terlepas diikuti dengan needle valve.

Ketiga, menyetel karburator, ada logam yang berfungsi sebagai dudukan needle valve, bengkokkan logam tersebut kearah atas sedikit saja untuk menyetel karburator tersebut.

Terakhir, jika sudah melakukan penyetelan, pasanglah kembali pelampung dan needle valve pada tempat semula, kemudian tiuplah lubang masuk yang berhubungan dengan selang bensin. Setelah itu gerakan pelampung keatas dan kebawah dalam keadaan posisi needle valve terbuka. Jika posisi pelampung sudah sejajar dengan needle valve yang dapat tertutup penuh, maka anda bisa memasang karburatornya kembali, namun jika masih belum sejajar anda harus menyetelnya kembali.

Sumber :bintangotomotif.com

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil