Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Ini Dia Perbedaan ABS, BA, dan EBD

rem1

Bagi Anda mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar ABS, BA, dan EBD dalam dunia otomotif. Dalam sistem pengereman pada kendaraan terdapat fitur keamanan seperti ABS (Anti Lock Braking System), Brake Assist (BA) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Lalu, apa perbedaan dari ketiga fitur tersebut?

Menurut Product Knowledge Dept PT Toyota Astra Motor, Tommy Hermansyah, saat acara Safety Workshop berlansung, ia menjelaskan perbedaan dari ketifa komponen tersebut yang berguna dalam mengcegah terjadinya kecelakan.

Pertama dimulai dari ABS (Anti Lock Braking System) dimana teknologi ini pertama kali dibuat untuk pesawat terbang. Pengaplikasian ABS tersebut digunakan untuk mencegahnya pesawat terbang agar tidak mudah tergelincir saat mendarat.  Lalu, seiringnya waktu fitur keamanan tersebut mulai disematkan ke dalam kendaraan roda dua dan roda empat.

rem2
Fungsi ABS sendiri membuat roda agar tidak terkunci ketika si pengemudi mengerem terlalu dalam (Force Brake). Pasalnya, penguncian yang terlalu dalam mengakibatkan roda tidak bisa dibelokan ke kanan ataupun ke kiri. Fitur ABS yang terdapat di mobil membuat rem otomatis akan membuka dan menutup. Selain itu, dapat mencegah mobil stuck. Ini akan sangat berguna ketika kondisi jalan dalam keadaan  licin atau berpasir.

Selanjutnya, BA (Brake Assist) yang dirancang untuk mencegah kecelakaan dalam berkendara. Fitur keamanan BA (Brake Assist) ini berfungsi dalam menekan rem, jadi meskipun rem hanya diinjak sedikit secara otomatis akan menambah power dalam kemampuan pengereman. Tidak hanya itu, fitur BA juga biasanya digunakan dalam membaca pelepasan kaki pada pedal gas dalam kondisi mendadak.

Terakhir, ada EBD (Electronic Brake Force Distribution) yang digunakan dalam mengatur sistem penyebaran rem disetiap ban sesuai kebutuhannya. Dimana untuk di setiap kondisi roda kendaraan saat melakukan pengereman memiliki kebutuhan yang berbeda. seperti saat mobil sedang mengangkut banyak bawaan.  

    Nah, setelah mengulas perbedaan teknologi ABS, BA, dan EBD semoga dapay menambah informasi Anda dalam membedakan fitur kemanan dari ketiganya.

Sumber: www.semisena.com

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil