Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

  • Honda BRV vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2017

Honda BRV vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2017

Honda BRV vs Suzuki Ertiga Indonesia Review 2017 – Bicara tentang mobil keluarga, pastinya kita mendambakan mobil yang cukup mewah dan juga nyaman serta berkelas. Terlebih jika si mobil yang kita miliki mampu mengangkut seisi penghuni rumah kita yang bisa berjumlah lebih dari 4 orang. Maka itulah, banyak produsen mobil yang berlomba-lomba untuk menciptakan mobil keluarga yang muat banyak penumpang, serta berkualitas yang “wah”. Namun diantara banyak mobil, menurut pandangan dari beberapa tim kami, Honda BRV memiliki sedikit keistimewaan. Mungkin desain body yang unik adalah salah satu alasan.  Selain itu, Ertiga pabrikan Suzuki juga masuk dalam radar mobil yang ingin kami bahas di web kesayangan anda ini. Banyak yang menanyakan seputar perbedaan diantara keduanya. Maka dari itu, di artikel yang satu in, kami akan sedikit membahas tentang komparasi Honda BRV vs Ertiga. Selamat menyimak ya..

Eksterior Honda BRV vs Suzuki Ertiga

Eksterior Honda BRV

Honda BRV hadir dengan desain bodi hasil perpaduan antara keanggunan Honda Mobilio dan sporty-nya Honda Jazz. Maka tak heran BR-V tampil kalem namun memiliki lekuk body stylish yang memancarkan aura elegan sempurna. Selain itu, mobil Honda BR-V pun tampil dengan sedikit lebih ‘slim’ jika dibandingkan dengan mobil-mobil kelas crossover lain.  Honda BRV ini sebenarnya masuk ke jajaran compact SUV Honda. Selain itu, mobil BR-V makin terlihat kece dengan penggunaan spion model retractable mirror. Secara keseluruhan, desain mobil baru pabrikan Honda ini bisa dibilang ‘out of the box’ dan banyak yang berpendapat bahwa ini akan menjadi trend setter desain mobil di dunia otomotif Indonesia.

Desain headlamp mobil BR-V mengusung model “long shape” dengan garis tegas mengarah ke samping dengan teknologi “projector headlamp”. Dimensi lampu pun tidak begitu lebar, sekilas mengingatkan kita ke tampilan headlamp si Honda HR-V. Sedangkan pada bagian front grill, Honda BRV mengusung model frame bertingkat dengan tambahan aksen krom mengkilat yang dilengkapi emblem merk Honda yang ditempatkan tepat di bagian tengah. Untuk bumper depan mobil, BR-V terlihat semakin bergaya karena sudah diatur dengan jarak yang agak tinggi dari tanah. Bemper berpadu dengan fog lamp yang cukup besar sehingga makin menandakan bahwa Honda BRV punya face yang benar-benar jantan.

Jika kita melihat desain samping, Aura khas Honda CR-V dan HR-V mulai bisa kita lihat di sini. BR-V tampil dengan bentukan bodi yang aerodinamis, khas Roundabout Vehicle. Lalu, mobil ini menawarkan desain lekukan bodi yang dinamis serta tajam pada bagian sampingnya. Selain itu, performa visual samping Honda BR-V juga semakin sporty berkat adanya tambahan aksesoris fender hitam berbahan fiber di sisi bawah yang melingkar dari bagian depan dengan teralur ke arah belakang bodi. Di bagian belakang, stoplamp pada BR-V dibuat menonjol dengan desain yang cukup futuristic. Selain itu Honda memadukanya dengan spoiler yang turut serta mempermanis aura sportynya.

Dimensi Honda BRV

Jika kita melihat dimensi yang diusungnya, secara fisik mobil ini memiliki ukuran panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi mobil 1.650 mm serta wheelbase 2.660 mm. Dimensi si mobil Honda BRV memang agak lebih tinggi dari Mobilio. Ditunjang dengan adanya Ground Clearance diatas 200 mm, membuat mobil ini aman untuk dikendarai di jalan yang berlubang-lubang sekalipun. Kaki-kaki Honda BR-V disokong velg mobil berukuran 16 inci dan dibalut oleh ban yang berukuran 195/60/R16.

Eksterior Suzuki Ertiga

Pada bagian eksterior, Suzuki Ertiga masih mempertahankan basis desain bodi seperti generasi lamanya. Namun begitu, Suzuki tetap memberikan sentuhan baru yang menjadikan New Ertiga menjadi lebih stylish. Pada front grill Ertiga kini terlihat lebih minimalis dengan hanya terdapatnya tiga tingkat berlapis warna full chrome. Untuk foglamp Suzuki Ertiga versi terbaru menggunakan reflektor yang berbentuk simple dan ditambahi bezel warna hitam yang membuatnya terlihat lebih elegan. Jika dibanding versi terdahulu, Suzuki Ertiga versi baru tampil lebih stylish dengan beberapa perubahan di sektor bodi, seperti desain headlight yang lebih tajam. 

Untuk bagian samping mobil, Ertiga tak kalah apik dengan mobil-mobil yang selevel denganya. Pabrikan Suzuki yang terus menerus melakukan inovasi telah berupaya menambahkan kesan stylish pada bodi sisi samping mobil ini. Kini, mobil Suzuki Ertiga sudah ditambahkan New Electric Foldable Outside Mirror (tipe GX), dan New Alloy Wheel (tipe GL & GX). Bagian belakang mobil Suzuki Ertiga ini juga tidak kalah stylish dengan adanya garnish yang dibalur krom dan sangat serasi dengan desain lampu belakang yang trendi.

Dimensi Suzuki Ertiga

Ertiga memiliki ukuran tubuh 4.265 x 1,695 x 1,685 mm dengan bobot tiap varian berbeda. Jika diperhatikan sekilas, Suzuki Ertiga ini memang berukuran tubuh paling pendek dibanding dengan Toyota Avanza atau Honda Mobilio. Namun justru tubuh yang tak terlalu besar ini membuat Ertiga lebih mudah dikendalikan. Mobil yang mampu memuat 7 orang penumpang ini punya 5 pintu yang dapat memudahkan akses keluar masuk orang maupun barang yang akan dibawanya. Dengan jarak ketinggian dari tanah 185 mm, mobil Ertiga mampu melewati bermacam jenis jalan di Indonesia dengan mulus dan nyaman.

Interior Honda BRV vs Suzuki Ertiga

Interior Honda BRV

Pada bagian kabin mobil Honda BR V, bisa digunakan untuk mengangkut 7 orang penumpang. Pada bagian dashboard, BR-V menawarkan sisi interior yang lumayan cantik dengan penataan panel yang friendly, dan tentunya dilengkapi dengan fitur yang komplit. Dashboard mobil Honda BRV didominasi oleh warna hitam dengan memberikan ruang kabin yang letaknya dibuat semenarik mungkin namun agak mirip dengan Honda Jazz. Pada kabin depan akan terlihat bahwa Honda BRV tidak menampilkan penampilan interior murahan karena sudah dilengkapi dengan fitur audio player Double DIN berlayar 6.1 inci touch screen yang cukup untuk menunjang kebutuhan entertainment pengguna di dalam kabin.

Lalu, dibagian panel instrumen juga terlihat cukup sederhana, walau tetap mewah. Ini terlihat dari desain stir kemudi yang berukuran kecil dan speedometernya yang agak minimalis, serta bahan material yang digunakan mirip dengan mobil Honda Brio. Pada bagian jok mobil, terdapat panel instrumen yang sudah berteknologi One Touch Tumble. Kemudian untuk bagian seatbelt Honda BR-V terdapat fitur “potensioner”. Sedangkan pada bagian belakang kabin mobil termasuk terlihat cukup luas. Jok penumpang mobil juga sudah dibekali teknologi 50:50 folding row 3, yang artinya jok dapat dilipat untuk bagian tambahan bagasi. Honda BRV juga menyematkan fitur AC Double Blower guna menunjang kenyamanan penumpang.

Interior Suzuki Ertiga

Mobil Ertiga menyuguhkan suasana kabin yang lebih mengerti kebutuhan keluarga Indonesia. Suasana yang lapang dan nyaman akan terasa hingga ke baris ke-3 di bagian belakang, baik untuk pergerakan di bagian kepala maupun kaki walaupun ketika semua jok terisi penuh dengan penumpang dengan tambahan barang bawaannya. Kursi pada baris kedua mobil ini dibuat dengan  fitur tuas untuk sekali tarik folding dan sliding hingga 240mm, sehingga memudahkan penumpangnya yang akan duduk di kursi baris ketiga. Sebuah sandaran tangan pun tersedia untuk kenyamanan para penumpang di baris kedua. 

Ertiga juga memiliki ruang bagasi yang cukup lega untuk memuat barang bawaan anda selama perjalanan ke luar kota, dan ini masih bisa ditambah dengan ruangan extra jika dibutuhkan, yaitu dengan cara melipat jok di baris ketiga, sehingga memudahkan untuk memasukkan dan mengeluarkan barang dalam jumlah yang banyak. Beberapa tempat penyimpanan praktis pun terdapat di setiap sisi kanan dan kiri baris jok, ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan botol minuman, handphone, gadget ataupun barang kecil pribadi lainnya.

Mesin Honda BRV vs Suzuki Ertiga

Mesin Honda BRV

Untuk mobil Honda BR-V, Honda telah mengusung mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup. Mesin i-VTEC yang terdapat pada mobil ini mampu memberikan muntahan power maksimal mencapai 120 HP pada 6.600 rpm serta torsi maksimal mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm. Untuk varian BR-V, spesifikasi Honda BRV akan terbagi dalam 4 tipe, di mana varian tersebut Honda akan membenamkan fitur spesial, semisal fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano E-ionizer serta Aero Kit.

Mesin Suzuki Ertiga

Memasuki bagian dapur pacunya, Suzuki Ertiga hadir dengan mesin seri K yaitu K14B yang dibuat dari bahan alumunium ringan. Dengan kapasitas bersih sebesar 1.373 cc, mesin ini menggunakan sistem DOHC 16 katup dengan silinder segaris berjumlah 4 buah. Sistem pembakaran dan asupan bahan bakarnya menggunakan VVT (Variable Valve Timing) yang didukung oleh Multi Point Injection sehingga suplai bahan bakar ke dalam ruangan pembakaran menjadi terkontrol secara elektronik.

Hal inilah yang akan membuat performa mesin menjadi lebih bertenaga dan responsif, selain itu juga berakibat pada efisiensi bahan bakar yang semakin irit. Dengan kinerja tersebut mesin Ertiga mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 95 PS pada 6.000 Rpm dengan torsi puncak mencapai 130 Nm pada putara mesin 4.000 Rpm. Tenaga inilah yang akan membuat Suzuki Ertiga mampu diajak bermanuver secara gesit dan lincah baik dalam putaran mesin rendah maupun tinggi.

Fitur Honda BRV vs Suzuki Ertiga

 

Fitur Honda BRV

Honda BR-V pada fitur keamanan dan kenyamanan bisa dikatakan sudah memberi teknologi terkini. Fitur keamanan yang standar semisal potenzioner seatbelt guna menunjang kemanan pengendara sudah tersedia pada mobil Honda BR V ini. Untuk dapat memberi kenyamanan pada penumpangnya, mobil Honda BRV didukung oleh sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan mobil, dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang mobil. Untuk fitur pengeremanya, spesifikasi Honda BRV menggunakan teknologi rem ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sehingga laju kendaraan bisa lebih terkontrol.

Fitur-fitur modern pada Honda BRV tersebut juga berfungsi untuk mencegah sekaligus mengantisipasi terjadinya roda terkunci pada saat terjadinya  pengereman mendadak. Selain itu, teknologi rem jenis EBD bisa membuat pengendara mendapat kestabilan ketika mengontrol laju kendaraan.  Selain itu, hadir pula fitur Dual Airbag System yang akan memberikan jaminan keselamatan tambahan ketika terjadi insiden benturan mendadak. Untuk fitur selanjutnya, mobil Honda BR-V dibekali dengan bekali fitur keamanan komplit. Namun sepertinya fitur tersebut cuma akan dihadirkan pada varian tertinggi mobil Honda BRV (BR-V Prestige). 

Fitur-fitur yang ditawarkan Honda yang lain yakni Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist. Dimana kedua fitur tersebut memudahkan pengoperasian mobil Honda BR-V dan akan membantu menjaga kestabilannya. Selain itu, ada pula teknologi Immobilizer Key yang turut ditanamkan pada mobil ini. Jadi, selain unggul dalam bentuk desain dan tingkat performa, spesifikasi Honda BRV ini juga punya fitur keamanan dan kenyamanan lengkap.

Fitur Suzuki Ertiga

Drive By Wire (DBW) yang terpasang pada mesin mobil Ertiga menjadikan kinerja mesin semakin akurat dengan akselerasi yang lebih responsif. Pasalnya didukung dengan adanya Electronics Control Module (ECM) dan sistem bukaan katup bahan bakarnya yang dikendalikan oleh sensor potensiometer sebagai pengganti kabel gas. Mesin Ertiga juga sangat ramah lingkungan, hal ini dibuktikan dengan emisi gas buangnya yang sesuai dengan standar Euro 3. Untuk sistem transmisinya sendiri mobil ini tersedia dalam 2 pilihan yaitu manual dengan 5-speed dan otomatis dengan 4 tingkat percepatan. Di bagian suspensi, Suzuki Ertiga dibekali oleh MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam with Coil Spring di bagian belakangnya.

Kemudian dengan fitur penggerak roda depan (Front Wheel Drive) mobil ini mempunyai keunggulan dalam menggerakan roda karena tidak perlu melalui propeler sahft sehingga berakibat pada akselerasinya yang terasa lebih responsif dan tidak mudah slip ketika berada di jalan yang licin. Ertiga dibekali oleh perangkat keamanan terbaru yang lebih unggul dibanding para pesaingnya. Fitur-fitur tersebut yaitu Dual SRS Airbag yang terdapat pada tipe GX untuk melindungi kedua penumpang di bagian depan. Kemudian adanya fitur 7 Safety Seatbelt with Height Adjustment yaitu sabuk pengaman yang  berjumlah tujuh buah untuk seluruh penumpangnya dan ketinggiannya dapat diatur sesuai dengan postur tubuh.

Sistem pengeremannya pun telah dilengkapi dengan Anti-lock Breaking System (ABS) + ELectronic Brake-force Distribution (EBD) function (khusus tipe GX) untuk mendapatkan pengereman maksimal. Selain itu masih ada fitur Side Impact Beam yang akan melindungi penumpang dari benturan yang datang dari arah samping. Immobilizer dan Alarm System (Tipe GX dan GL) yaitu sebuah sistem yang mampu mencegah tindakan criminal pencurian mobil. Sistem ini akan mencocokkan kode kunci secara otomatis pada saat mesin akan dihidupkan sehingga mesin tidak akan menyala jika kodenya berbeda dengan yang asli. Sehingga sang pemilik akan merasa aman dari resiko maling yang kerap banyak terjadi saat ini. Fitur Keyless Entry juga hadir pada Ertiga tipe GL dan GX untuk memudahkan pemilik memasuki mobil tanpa menggunakan kunci.   

Varian Honda BRV vs Suzuki Ertiga

Untuk varian BR-V yang akan Honda release dipasaran yaitu varian S (6M/T), E (6M/T), E (M/T, CVT) , serta Prestige (CVT). Untuk varian paling tinggi adalah Prestige (CVT). Untuk varian unit Suzuki Ertiga, pabrikanya menyediakan 5 Varian yang dapat dipilih oleh para calon konsumenya. Masing-masing varian sudah dibekali dengan fitur dan aksesoris yang agak berbeda. Untuk jelasnya, di bawah telah kami sajikan perbedaan dari kelima varian mobil Suzuki Ertiga.

  1. Tipe GA : Merupakan model Suzuki Ertiga yang paling Standar.
  2. Tipe GL : Tipe GA yang sudah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti power windows, AC Double Blower, Pelek Alloy kipas kaca bagian belakang dan lain-lain.
  3. Tipe GX : Model pertengahan dari Ertiga yang sudah memiliki fitur lebih lengkap seperti dengan adanya Dual SRS Airbag, ABS, aksesoris tambahan di bagian eksterior, steering mounted audio control, reclining seats pada kursi di baris kedua dan sistem audio yang lebih jernih.
  4. Tipe Elegant : Merupakan Midle Top Model Ertiga dengan semua fitur tipe GX ditambah dengan beberapa spoiler  yang terdapat di bagian depan, belakang, samping bawah dan di atas belakang. Selain itu juga terdapat lampu kabut yang menggunakan fog lamp chrome bezzel set, tambhan muffler pada knalpot, grille krom yang lebih rendah, side body moulding, jok kulit dan doortrim dengan aksen  kayu. Model ini di negara lain dikenal juga sebagai Mazda VX-1.
  5. Tipe Sporty : Merupakan Varian tertinggi dari mobil Suzuki Ertiga dengan semua fitur yang berdasarkan tipe GX. Varian ini mendapatkan aksesoris khusus buatan Suzuki Sport Body-Kit yang mirip dengan Suzuki Swift Sport, yaitu dengan tambahan spoiler belakang, mufler cutter, velg racing model baru berukuran 16 inchi yang desain-nya sama dengan Suzuki Swift Sport dan interior dengan bahan yang lebih apik dan halus. Model ini terbatas hanya untuk 200 unit per tahun. Selain itu untuk tipe ini pun tersedia dengan pilihan transmisi manual 6-speed.

Harga Honda BRV vs Suzuki Ertiga

Harga Honda BR-V

Tipe

Harga

Harga Honda BR-V tipe S 6M

Rp 226.500.000.-

Harga Honda BR-V tipe E 6M/T

Rp 236.500.000.-

Harga Honda BR-V tipe E CVT

Rp 246.500.000.-

Harga Honda BR-V tipe Prestige CVT

Rp 261.500.000.-

baca juga: Mobil Murah 60 Juta-an Baru dan Bekas

Harga Suzuki  Ertiga

Tipe

Harga

Harga Ertiga Tipe GA 1.4 Manual Transmision (MT)

Rp 183.000.000

Harga Ertiga Tipe GL 1.4 Manual Transmision (MT)

Rp 199.500.000

Harga Ertiga Tipe GL 1.4 Automatic Transmision (AT)

Rp 212.000.000

Harga Ertiga Tipe GX 1.4 Manual Transmision (MT)

Rp 208.000.000

Harga Ertiga Tipe GX 1.4 Automatic Transmision (AT)

Rp 220.500.000

Harga Ertiga Tipe Sporty 1.4 Automatic Transmision (AT)

Rp 214.400.000

Harga Ertiga Dreza Manual Transmision (M/T)

Rp 216.900.000

Harga Ertiga Dreza Automatic Transmision (A/T)

Rp 229.500.000

Harga Ertiga Dreza GS Manual Transmision (M/T)

Rp 223.900.000

Harga Ertiga Dreza GS Automatic Transmision (A/T)

Rp 236.500.000

Kesimpulan

Kedua mobil pabrikan jepang ini memiliki keunggulannya masing – masing dengan fitur yang dihidangkan kepada konsumenya. Bagi anda yang ingin mengendarai mobil yang menyediakan varian yang jumlahnya banyak serta bermesin VVT ala Suzuki, Ertiga merupakan solusi yang tepat. Namun bagi anda yang sangat ingin mengendarai mobil berteknologi i-Vtec khas Honda dan berdesign unik pada body, Honda BRV jawabanya.

artikel terkait: Harga, Spesifikasi, Review & Gambar Datsun Go VS Daihatsu Sigra

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil