Portal Informasi & Berita Otomotif Terlengkap | Mobil Mewah

Honda BeAT vs Honda Scoopy

honda-beat-esp-19jackbiker.com

Produsen motor Honda memang memiliki beberapa produk matic seperti BeAT, Vario dan juga Scoopy. Untuk Scoopy sendiri motor ini memiliki desain retro-modern yang unik dan berkesan lawas. Hal ini akan membuat pemiliknya akan bisa tampil beda. Namun dengan penerapan beberapa teknologi termutakhir, membuat motor yang meluncur sejak tahun 2010 ini juga diminati oleh masyarakat. Bahkan motor skuter ini bisa menyaingi penjualan Honda BeAT yang terlebih dahulu muncul ditahun 2008. Nah jika kita perbandingkan kedua motor matic dengan varian terbaru yaitu BeAT eSP dan Scoopy eSP, maka manakah yang jadi jawaranya? Berikut ulasannya.

Dimensi

Dari segi dimensinya , maka kita akan mendapati Honda BeAT yang sedkit lebih panjang dan tinggi dari Scoopy. Sedangkan lebar motor Scoopy eSP lebih jawaranya. Ukuran panjang, lebar dan tinggi Honda BeAT eSP sendiri adalah 1.873 mm x 678 mm x 1.074 mm, sedangkan ukuran Scoopy eSP yaitu  1.856 mm x 694 mm x 1.060 mm. Meski lebih panjang dan tinggi, namun bobot Scoopy lebih berat yaitu mencapai 96 kg dibandingkan BeAT yang hanya 95 kg / 94 kg (tipe CW). Sedangkan untuk jarak sumbu roda dan kapasitas tangki kedua motor memiliki spesifikasi yang sama yaitu jarak sumbu roda mencapai 1.256 mm dan kapasitas tangki sebesar 3,7 liter. Satu hal lagi yang menajdi pembeda di bagian dimensi dari kedua skuter matic ini yaitu jarak terendah ke tanah dimana Scoopy eSP mencatat angka 139 mm, sednagkan Honda BeAT eSP mencatat angka lebih tinggi yaitu 140 mm.

Mesin

Honda eSP dan Honda Scoopy memang memiliki tipe mesin yang sama yaitu 4-Stroke, SOHC kapasitas 110 cc dengan air cooler, namun ternyata tenaga dan akselerasi yang dihasilkan kedua motor ini berbeda. Untuk urusan tenaga dan kecepatan ini sepertinya Honda BeAT eSP harus mengakui kehebatan dari Honda Scoopy eSP. Pasalnya Scoopy eSP bisa menghasilkan tenaga hingga 8.57 hp dengan torsi maksimum mencapai 9.1 Nm. BeAT eSP sendiri hanya bisa mengeluarkan tenaga 8.55 hp dan torsi hingga 9,01 Nm. Selain itu dalam hal akselerasi atau kecepatan tertinggi, Scoppy eSP bisa mencatatkan angka 8.55 hp, sedangkan BeAT eSP hanya mencapai angka 94 kmph. Tapi melihat dari sisi konsumsi bahan bakar maka pemenangnya adalah BeAT. Di perjalanan dalam kota sendiri BeAT bisa mencatat angka 63 km/liter, sedangkan Scoppy hanya 62 km/liter saja. Sedangkan untuk perjalanan luar kota BeAT mencapai kompresi 72 km/liter, sementara Scoopy hanya 70 km/liter.

honda-scoopy-esp-19otomercon.com

Fitur

Bicara fitur, Scoopy eSP menghadirkan beberapa hal seperti teknologi ISS (Idling Stop System), fitur ACG, fitur Answer Back System. Selain itu ada juga sistem pengapian Full Transisterized dengan Denso U27EPR-N9 di bagian busi. Sementara itu BeAT eSP menghadirkan fitur parking brake lock, yang membuat mesin mati saat standar samping diturunkan. Ada juga fitur Magnetic Shutter Key yang menjadikan motor tetap aman. Pada bagian kelistrikan ada baterai tipe MF yang memiliki daya 12V-3Ah dengan didukung oleh busi jenis NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9.

Harga

Ditinjau dari harganya maka kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa harga Honda Scoopy eSP jauh lebih mahal dibandingkan dengan Honda BeAT eSP. Daftar harga Honda BeAT eSP sendiri adalah :

  • Harga Baru (CBS) Rp 14.550.000
  • Harga Baru (CBS ISS) Rp 15.050.000
  • Harga Baru (CW) Rp 14.350.000

Sedangkan untuk harga Honda Scoopy eSP adalah :

  • Sporty Baru Rp.16.250.000,-
  • Stylish Baru Rp.16.250.000,-

Source :

http://otomotifnet.com/Motor/Teknik/Bedah-Teknologi-New-Honda-Scoopy-Esp-Serupa-Beat-Fi

https://www.oto.com/bandingkan-motor/honda-beat-esp-and-honda-scoopy-esp

https://www.otomaniac.com/harga-honda-beat-esp/

https://www.otomaniac.com/harga-honda-scoopy-esp/

 

new post

Review Lengkap Suzuki Burgman 200

Yamaha Mengumumkan Harga All-new V-Ixion R

McLaren 570S Spider, Supercar Yang Konvertibel

Performa Terbaru All-new Yamaha Star Venture Semakin Nyaman

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Siap Diproduksi di Indonesia

Review, Spesifikasi Isuzu Panther Terlengkap dan Terbaru