Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Ciri-Ciri Asap Knalpot Mobil Bermasalah

Image result for asap knalpotTidak sedikit pemilik mobil yang tidak menyadari bahwa kendaraannya mengalami kerusakan. Padahal untuk mendeteksi kerusakan dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah, yakni perhatikan dan kenali warna gas buang hasil pembakaran yang keluar dari knalpot mobil. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan.

  1. Perhatikan warna asap yang keluar dari knalpot. Pada mesin bensin, jika pada ujung knalpot timbul asap putih pekat bisa jadi masalah ada pada ring piston yang sudah aus. Keausan ring piston biasanya disebabkan karena faktor umur pemakaian, meskipun sering ganti oli.
  2. Kasus serupa dapat terjadi pada mobil diesel. Bila knalpot mengeluarkan asap putih tebal bisa jadi karena adanya pembakaran bahan bakar solar tidak bekerja secara sempurna. Misalnya seperti jumlah solar yang terlalu banyak. Jika masalah ini dibiarkan berlarut dapat berakibat fatal. Solusinya adalah dengan sering melakukan service berkala sesuai dengan kilometer. Minimal, rutin melakukan ganti oli.
  3. Ciri lainnya, jika knalpot mengeluarkan asap warna hitam atau biru, ini patut diwaspadai. Jika knalpot mobil (selain diesel) mengeluarkan asap berwarna hitam, artinya terdapat pembakaran yang tidak sempurna. Di mana, bahan bakar diproses secara berlebihan, sehingga menimbulkan borosnya konsumsi bahan bakar. Sedangkan asap warna biru merupakan gejala terbakarnya oli bersamaan dengan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Masalah ini umumnya terjadi pada mobil yang sudah berumur tua, hal ini disebabkan oleh jarak tempuh dan dipercepat oleh riwayat penggunaan yang kurang baik, seperti terbiasa mengemudi dengan rpm tinggi, sehingga komponen yang bergesekan lebih cepat aus. Jika masalah ini terjadi, periksalah volume oli secara berkala dan tambahkan bila berkurang. Selama volume oli terisi sesuai dengan kebutuhan, mobil masih dapat dikendarai dengan baik. Masalahnya, hal tersebut bukanlah solusi jangka panjang. Masalah ini pun cukup serius dan sebaiknya segera ditangani sebelum biaya perbaikan semakin mahal.
  4. Selain pengecekan terhadap asap yang dikeluarkan, hal lain yang perlu diperhatikan dalam menanganinya adalah filter udara dan komponen lainnya seperti sensor, injeksi bahan bakar, dan fuel pressure regulator. Masalah ini biasanya mudah untuk diperbaiki dan langkah perbaikan dapat diawali dengan melakukan tune-up.

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil