Portal Informasi & Berita Otomotif Terlengkap | Mobil Mewah

Cara Mengatasi Aki Soak

aki-motor

www.google.com

Mungkin dari sebagian orang aki soak itu sangat menyebalkan, karena aki rusak atau soak menyebabkan motor gampang sekali mati, tentu saja disini kita tidak ingin apabila motor kita mati di tengah-tengah jalan. Ada beberapa cara untuk menangani agar aki motor tidak gampang rusak.

Berikut penjelasannya!

1. Jangan Menyalakan Starter Elektrik Secara Paksa Apabila Motor Susah Dinyalakan

Kalian yang sering menggunakan starter elektrik saat menyalahkan motor, Sebaiknya gunakan starter manual (engkol) sebagai gantinya. Starter elektrik juga digunakan pada keadaan darurat seperti motor mati mendadak di jalan raya. Jadi Anda bisa mengurangi menggunakan starter , Anda bisa menyela motor Anda.

2. Nyalakan Motor Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Sebelum motor dipakai, Anda hendaknya memanaskan motor selamat 15 menit agar bagian dalam aki yang terdapat 2 buah plat (masing-masing memiliki kutub negatif dan positif) yang berbahan dasar kalsium timbal (PbCa) panas. Perlu diingat, selalu gunakan starter manual untuk menyalakan motor dan jangan pernah memaksakan penggunaan starter elektrik apabila motor Anda susah dinyalakan.

3. Matikan Motor Usahakan Agar Komponen Kelistrikan Lainnya Seperti Head Lamp dan Lampu Sign Dalam Kondisi Mati ya.

Dengan mematikan komponen lainya, hal ini bertujuan agar pada saat motor akan dinyalakan kembali, konsumsi aki yang dibutuhkan (beban aki) tidak terlalu besar. Jadi jangan lupa untuk selalu mematikan lampu saat akan mematikan motor ya.

memperbaiki-aki-kering-tekor-soak-lemah-mati

www.google.com

4. Selalu periksa Ketinggian Cairan Yang Terdapat Di Dalam Aki

Usahakan supaya tidak melebihi batas antara dan bawah yang tertera pada cairan aki Jika sudah mendekati batas bawah, segera tambahkan cairan H2O (air suling) ke dalam aki hingga hampir menyentuh batas atas. Jangan sampai kita ceroboh tidak melihat cairan tersebut sudah melebihi batas atau belum karena akan berakibatkan fatal.

5. Periksa Kondisi Kedua Terminal Aki

Anda harus mengencangkan baut pada bagian sambungan terminal dan anda harus memastikan tidak ada kebocoran pada terminal aki. Kebocoran aki akan sangat berbahaya bagi motor dan keselamatan Anda. Selain itu, adanya kelonggaran pada bagian sambungan aki akan menyebabkan timbulnya kerak putih yang dapat menghambat listrik pada aki. Apabila pada saat diperiksa ternyata sudah terdapat kerak putih, segera basuh dengan air panas.

6. Periksalah  Kondisi pada Kiprok Yang Mengalirkan Arus Listrik Menuju Aki

Nah Komponen ini bertugas sebagai regulator untuk listrik ke dalam aki terutama pada tahap pengisian. Jika terdapat indikasi seperti lampu motor yang redup dengan tidak stabil, ada kemungkinan salah satu penyebabnya terletak pada kiprok rusak dan harus segera diganti ke bengkel.

7. Periksalah jika Ada Kebocoran Pada Bagian Badan Aki

Jika bocor,Anda harus segera menukarkan aki tersebut untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena aki mengandung bahan yang beracun dan mudah meledak.

Nah jadi itu semua cara untuk kalian mengatasi aki motor yang soak. Punya mesin motor yang selalu bagus bukankah dambaan kita semua?mari rawat motor kita agar tetap awet dan prima


Sumber: www.hondacengkareng.com

new post

Ternyata ini Alasan Adanya Logo Sayap di Motor Honda

Kekecewaan Vinales di Catalunya

2017 Menjadi Tahun Bagi Porsche Untuk Launching Produk Terbaru!

Toyota Fortuner Thailand, Versi Facelift Terbaru

Yamaha Luncurkan Sport Fairing 250cc

Kesedihan Kembali Alami Rossi di Catalunya