Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

Cara Membedakan Cat Mobil yang Masih Ori dan Tidak

Umumnya orang akan melihat keindahan mobil itu dari sisi bentuknya terlebih dahulu, kemudian barulah dari sisi warnanya. Lalu, dilanjutkan dari interior serta fitur lain yang diberikan oleh mobil tersebut. Keindahan dari warna mobil juga ditentukan dari bagaimana kualitas cat mobil itu sendiri. Pasalnya, tidak selamanya kualitas cat mobil itu selalu baik, banyak juga yang tidak orisinil. Perlu Anda ketahui bahwa ada cat mobil yang asli dicat dan juga mengalami pengecatan ulang. Untuk itu, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan cat mobil yang asli dan mengalami pengacatan ulang.

Cat Asli Lebih Kuat Dibandingkan dengan Cat Ulang

Setiap pabrikkan mobil dalam melakukan pengecatan mempunyai standar kualitas minimum dalam proses pengecatannya masing-masing. Untuk mendapatkan cat asli pada mobil, perusahaan melakukan proses pemanasan hingga mencapai 150 derajat celcius pada masing-masing pelat besi. Sehingga akan membuat cat asli menempel dalam jangka waktu yang lebih lama. Sementara, mobil yang dicat ulang meskipun hasilnya bagus seperti cat asli pabrik tetapi jika tidak teratur dicat ulang, cat bisa saja pudar dalam waktu cepat. Ditambah lagi jika terkena terik matahari langsung.

baca juga: STOP Sering gonta-ganti jenis BBM Pada Kendaraan Anda!

Umur Mobil

Baik atau tidaknya cat body mobil tentunya tergantung juga dari umur mobil itu sendiri. Untuk mobil dengan umur diatas 15 tahun biasanya dempulnya tebal, jadi membuat cat mobil tidak mengkilat. Sedangkan mobil yang umurnya kurang dari 10 tahun sulit dibedakan karena kualitas dari lempengan yang masih halus. Dengan begitu tidak usah menambahkan dempul, karena hasil cat akan tetap rapi seperti cat asli. Jika menggunakan teknologi oven di bengkel body repair maka catnya hampir sama dengan pabrik karena hasilnya bisa sampai 95%.

Lihatlah Cat Bagian Dalam dan juga Luar

Apabila eksterior mobil sudah pernah dicat ulang, biasanya akan terjadi perbedaan warna besi dengan yang ada di dalam mobil. Dan perbedaan warna itulah yang merupakan cara terbaik untuk membedakan apakah mobil tersebut pernah di cat ulang atau tidak. Apabila mobil yang Anda miliki sudah terlanjur melakukan pengecatan ulang, berikut ini adalah cara-cara untuk merawatnya, yaitu :

Itulah beberapa tips untuk membedakan mobil yang pernah dicat ulang dan masih orisinil. Semoga bermanfaat.

baca juga: Cara Cuci Jok Mobil Berbahan Dasar Beludru atau Kain Fabric

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil