Portal Informasi & Berita Otomotif Terlengkap | Mobil Mewah

BMW Group Global Luncurkan Generasi Terbaru MINI Clubman AII4

Baru-baru ini BMW Group Global merilis spesifikasi lengkap dari generasi terbaru MINI Clubman AII4

1

img:bmwblog.com

Anda pasti ingat dengan kemuncula MINI All New Clubman pada bulan Maret 2016 kemarin. Mobil dengan ciri khas pintu yang terlihat seperti lemari (dibuka dari kanan dan kiri) tersebut kini hadir kembali dengan berbagai pembaharuan sebagai generasi terbaru MINI Clubman AII4

Baru-baru ini BMW Group Global merilis spesifikasi lengkap dari generasi terbaru MINI Clubman AII4. Mobil tersebut akan menggunakan mesin berpenggerak empat roda yang mereka sebut sebagai AII4. Bisa dikatakan bahwa mobil ini memang tidak dirancang untuk menjelajah medan berlumpur atau berbatu layaknya kelas SUV, tapi sistem penggerak empat roda yang dimilikinya akan membuatnya tangguh dalam berbagai kondisi jalan, namun yang pasti tetap dengan ciri khas dan karakter MINI.

Sistem penggerak empat roda pada generasi terbaru MINI Clubman AII4 menggunakan sistem yang benar-benar baru. Sistem tersebut menggunakan distribusi torsi elektrohidrolisis dan konstruksi penyaluran tenaga yang baru, akibatnya penyaluran tenaga antara roda depan dan belakang menjadi presisi. Selain itu sistem ini juga menggunakan Dynamic Stability Control (DSC) yang mampu memaksimalkan stabilitas MINI dan menyesuaikannya dengan berbagai macam kondisi jalan dan cuaca.

2

img:bmwblog.com

Beralih pada sumber tenaga, mobil ini tentu saja menggunakan mesin yang disesuaikan dengan negara tempat peredarannya. Mesin yang pertama yaitu mesin 2.0 liter TwinPower Turbo yang menggunakan bahan bakar bensin. Mesin yang digunakan pada Cooper S Clubman AII4 ini menggunakan 4-silinder berkapasitas 1998 cc dengan teknologi turbo terbaru yang memang dimiliki oleh MINI untuk mesin bensin.

Untuk sistem penyaluran bahan bakar ke silinder menggunakan direct injection yang dilengkapi dengan pengaturan klep masuk-buang yang bervariasi. Selain itu mesin ini juga mampu menghasilkan tenaga hingga 192 PS dengab kecepatan 5000 RPM. Sedangkan torsinya mencapai 300 Nm lengkap dengan fungsi overboost.

Percepatan 0-100 km/jam dari generasi terbaru MINI Clubman AII4 yang menggunakan mesin bensin dapat dicapai hanya dalam 6.9 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 225 km/jam. Kendati percepatannya luar biasa namun konsumsi bahan bakarnya terbilang irit dan mencapai 15.8 kpl.

Kemudian mesin yang kedua adalah mesin 2.0 liter TwinPower Turbo Diesel. Mesin yang digunakan oleh Cooper SD Clubman AII4 tersebut merupakan mesin diesel dengan 4-silinder berkapasitas 1995 cc yang dilengkapi oleh teknologi turbo dengan geometri variabel. Sistem penyaluran bahan bakar pada mesin ini menggunakan Common Rail Direct Injection (CRDI). Sedangkan performa tenaganya mampu mencapai 190 PS dengan kecepatan 400p RPM.

Torsi pada mesin ini juga tentu saja lebih besar dibandingkan mesin bensin yaitu mencapai 400 Nm tapi efisiensinya luar biasa. Mesin ini juga terbilang hemat bahan bakar hingga 20.8 KPL. Sedangkan percepatannya tidak sebagus mesin bensin, untuk menempuh 0-100 km/jam dibutuhkan waktu 7.2 detik.

3

img:bmwblog.com

Selain itu MINI Clubman AII4 ini juga menggunakan 8-Speed steptronic sport transmission yang mampu menghasilkan perpindahan gigi dengan lebih presisi dan mampu menyalurkan tenaga secara optimal. Perpindahan gigi juga dapat Anda atur menggunakan paddle shift di kemudi. Kemudian demi memaksimalkan traksi dan meminimalkan slip maka disediakan fungsi Launch Control.

Untuk menstabilkan penyaluran beban ke empat pada keempat roda, maka ditambahkan sistem suspensi yang unik. Single-joint strut digunakan pada roda depan dan multilink pada roda belakang. Mungkin sistemnya memang tidak berbeda dengan mobil lainnya tapi suspensi pada masing-masing roda telah menggunakan teknologi tinggi.

Meskipun belum dapat dipastikan kehadiran MINI Clubman AII4 di Indonesia karena terbentur standar emisi EU6, namun kemungkinannya tetap sangat kecil untuk bisa hadir di Indonesia. Ditambah lagi dengan pajak mobil berpenggerak empat roda yang jauh lebih tinggi dari penggerak dua roda.

new post

Gambar Modifikasi Daihatsu Terios Paling Unik

Harga, Spesifikasi, Review & Gambar All New Mazda2

Pesona Baru dari Honda, All New CBR250RR

Yamaha Soul GT 125 Harga dan Spesifikasi 2017

Honda Mempatenkan Desain CB300 TT Cafe Racer, Sinyal akan Diproduksi Masal?

Penyegaran dan Re-desain dari Nissan untuk X-Trail 2017?