Mobil Mewah | Portal Berita Otomotif Terbaru

TERNYATA INI PERBEDAAN AIR AKI MERAH DAN BIRU

BEDA AIR AKI MERAH DAN BIRU

TERNYATA INI PERBEDAAN AIR AKI MERAH DAN BIRU- Ada yang tahu perbedaan air aki merah dan biru? Nah, sebelum itu kita ketahui dulu apa itu air aki. Aki basah adalah satu dari jenis aki yang dijual di pasaran dan air aki ini  akan menyusut perlahan-lahan di dalam. Untuk menjaga aki agar terjaga dengan baik, maka air tersebut kuantitasnya harus terjaga dengan baik. Caranya dengan menambahkannya kembali atau mengisi ulang air saat kondisi sudah di bawah batas normal, serta memperhatikan jenis air aki.

Saat Anda ke bengkel atau toko otomotif, pasti kita akan mendapati dua cairan untuk aki. Pertama, cairan yang berbungkus warna merah dan yang kedua adalah cairan dengan bungkus warna biru. Lalu, apa perbedaannya?

Menurut Syahrudin, selaku Advisor PT Astra Otoparts Tbk, di Shop & Drive, Kelapa Gading (Kamis, 13/7/17) mengatakan Air aki yang botolnya berwarna biru untuk menambahkan cairan aki yang sudah sedikit dan untuk aki yang baru memakai botol berwarna merah.

BEDA AIR AKI MERAH DAN BIRU 1

Pembeda kedua jenis cairan ini terletak pada zat yang terkandung di dalamnya. Pada cairan yang kemasannya merah disebut aki zuur, terkandung asam sulfat (H2S04) yang mengandung elektrolit, yaitu zat yang dapat menyimpan dan menghantarkan listrik.

Lihat juga Dodge D100 Hasil Restorasi yang Dibanderol Harga Rp 1,2 Miliar

Benarkah Akan Kedatangan 40 Kendaraan Baru diacara GIIAS 2017?

Modifikasi Keren Yamaha Aerox 155VVA Memperkuat Aura Sporty

Cairan  ini cukup berbahaya dibanding yang berwarna biru karena jika terkena kulit mengakibatkan gatal-gatal. Zat yang dapat menyimpan dan menghantarkan listrik teresebut, aki jenis yang harus dipakai untuk aki pertama. Biasanya, masing-masing pabrikan sudah punya formula H2S04-nya sendiri.

Sedangkan, untuk air berkemasan biru dipakai untuk menambah volume. Beda dengan yang merah, air ini adalah air yang sudah mengalami demineralisasi sehingga tidak mengandung logam sama sekali dan tidak akan menambah berat jenis H2SO4 yang masih tersisa. Meski kandungannya berbeda, harga untuk kedua air aki ini tidak terpaut jauh dengan harga sekitaran harga Rp 8.000.

 

new post

Tips Memasang Bike Rack Pada Mobil

Recana Tiga Tahun Mitsubishi Dalam Peluncuran 6 Model Terbaru

Honda Revo X Versi Facelift Serupa Honda Vario

November 2017, VW T-Roc Crossover SUV Menyasar Pasar Eropa

Triumph Bonneville Speedmaster Model 2018

Volvo XC40 Mengusung SUV Mewah Terkecil